Inilah 5 Manfaat Squat Jump Untuk Tubuh

14 October 2022 - 20:01 WIB
halodoc.com

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Squat jump adalah latihan yang dapat meningkatkan kelincahan dan kekuatan serta membantu meningkatkan kemampuan lompatan vertikal seseorang. Latihan ini sering digunakan sebagai gerakan awal untuk mengembangkan kemahiran dalam lompat vertikal, lompat tinggi, lompat jauh, dan lompat kotak.

Berikut 5 manfaat squat jump untuk tubuh :

1. Membakar kalori dan lemak
Manfaat squat jump yang pertama adalah untuk membakar kalori dan lemak. Melakukan 30 squat jump dinilai dapat membakar sekitar 100 kalori, tergantung pada berat badan dan intensitas latihan saat ini.

2. Menjaga mobilitas dan keseimbangan
Mobilitas dan keseimbangan sangat penting untuk gerak tubuh kita, tugas sehari-hari, dan kualitas hidup yang lebih baik. Squat jump tidak hanya meningkatkan mobilitas tetapi juga meningkatkan keseimbangan.

3. Meningkatkan kesehatan
Squat juga membantu meningkatkan regulasi glukosa, metabolisme lipid, dan sensitivitas insulin. Latihan kardio intensitas tinggi seperti squat jump membantu mengurangi risiko penyakit jantung, hipertensi, obesitas, dan diabetes.

4. Tingkatkan performa olahraga
Squat dapat membantu atlet tampil lebih baik, khususnya dalam latihan ketahanan. Inilah sebabnya mengapa squat jump menjadi bagian dari sebagian besar sesi pelatihan atletik.

5. Bantu kencangkan otot kaki dan perut
Squat jump adalah versi plyometric dari squat normal. Latihan intensitas tinggi ini akan membantu mengencangkan otot kaki, pantat, dan perut.

Sumber: merdeka.com

(ek/hn/um

Share this post

Sign in to leave a comment