Ini Beberapa Manfaat Push Up

6 October 2022 - 08:06 WIB
Sumber Poto: https://hot.liputan6.com/

Tribratanews.tribratanews.com - Olahraga push up yang terkesan berat ini sebenarnya mudah dilakukan di bidang datar mana saja, serta memiliki banyak manfaat dengan gerakan yang sederhana. Push up tidak membutuhkan peralatan khusus. Apalagi, push up memiliki banyak manfaat yang mungkin belum kita sadari.

Berikut Beberapa Manfaat Push Up :

1. Mampu Melatih Banyak Otot Sekaligus

Gerakan push up melibatkan beberapa otot sekaligus, baik pada bagian atas tubuh maupun bagian bawah. Pada bagian atas, push up dapat melatih otot dada, biseps, triseps, bahu, dan otot punggung bersamaan.

Sementara pada bagian bawah, push up melatih otot kaki dan pinggul. Hal ini membuat push up cocok dilakukan jika kamu ingin membentuk tubuh bagian atas dan bawah secara bersamaan.

2. Memperkuat Tulang dan Sendi

Gerakan push up dilakukan dengan menaik-turunkan tubuh bagian atas dengan tangan, dengan sedikit sokongan dari pergelangan kaki.

Gerakan push up ini dapat memperkuat tulang dan sendi, khususnya di bagian tangan dan kaki. Sendi dan tulang yang kuat bisa membuat gerak kita sehari-hari lebih bebas.

3. Membakar Lemak dan Menambah Massa Otot

Gerakan push up juga efektif dalam membakar lemak dan menambah massa otot. Kalori yang bisa dibakar dalam setiap menit push up diperkirakan mencapai 7 kal.

Latihan ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mengencangkan bagian tubuh yang tadinya berlemak, terutama di lengan, dan mengganti gumpalan lemak itu dengan otot.

4. Memperbaiki Postur Tubuh

Posisi tubuh saat push up harus lurus dan bertumpu pada tangan dan kaki seperti sebuah engsel naik turun. Posisi ini, jika dilakukan secara rutin, dapat membuat postur tubuhmu jadi tegak.

Jika dalam kegiatan sehari-hari kamu sering duduk atau naik motor dan membuat postur tubuhmu kurang baik, sebaiknya cobalah untuk rutin melakukan push up supaya tidak bungkuk.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Seperti olahraga lain, gerakan push up juga meningkatkan detak jantung sehingga membuat aliran darah lebih lancar.

Push up yang dilakukan secara konsisten bahkan bisa menjaga kesehatan kardiovaskular kita lebih baik karena membuat jantung lebih kuat.

6. Mempermudah Aktivitas Sehari-hari

Oleh karena otot kita terbentuk, tubuh kita tidak dipenuhi lemak, sendi dan tulang kita lebih kuat, serta jantung kita lebih sehat, kita pun lebih mudah melakukan aktivitas sehari-hari.

Kita tidak mudah lelah ketika berjalan kaki atau lari cukup jauh, kita lebih mudah dalam mengangkat barang berbeban berat, pernapasan lebih lancar, dan sebagainya.

Sumber : www.detik.com
(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment