Berikut Beberapa Penyebab Terjadinya Cedera Saat Berolahraga

7 June 2022 - 16:44 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Kebiasaan olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan. Tapi yang sering jarang disadari, adalah beberapa kebiasaan yang dapat memicu terjadinya cedera. Penyebab terjadinya cedera olahraga sendiri cukup banyak, maka harus dipahami dan disadari sebagai langkah pencegahan. Senin, (6/6/22).

Sebenarnya hal-hal penyebab terjadinya cedera olahraga bisa dilihat dari hal paling sederhana, hingga hal yang cukup kompleks.

Berikut, beberapa penyebab terjadinya cedera olahraga yang paling sering dialami:

1. Tidak atau Kurang Pemanasan

Olahraga, apapun jenisnya, wajib diawali dengan pemanasan yang baik. Peregangan otot kaki, tangan, bagian perut, otot leher, dan setiap otot yang diperlukan, harus dilakukan. Tujuannya agar otot berada dalam kondisi siap untuk terus digunakan secara intens dalam waktu tertentu.

Tidak atau kurang melakukan pemanasan bisa meningkatkan risiko cedera baik dalam olahraga ringan atau bahkan berat.

2. Teknik Latihan yang Salah

Melakukan olahraga atau latihan dengan personal trainer sebenarnya cukup direkomendasikan, karena bisa memastikan Anda melakukan gerakan atau teknik yang tepat. Tidak sedikit cedera terjadi akibat penggunaan teknik yang salah, dan membuat tubuh berpostur buruk. Tekanan beban pada otot yang salah atau posisi yang tidak tepat, meningkatkan risiko cedera.

Maka dari itu, pastikan Anda menggunakan teknik latihan atau gerakan dengan tepat. Anda bisa meminta rekomendasi personal trainer atau orang yang lebih paham untuk hal ini.

3. Kondisi Genetik atau Turunan

Poin ketiga sebenarnya cukup mendasar, yakni faktor genetik atau turunan. Penyebab terjadinya cedera olahraga yang diakibatkan karena faktor ini harus dikonsultasikan dengan orang yang benar-benar ahli, agar ketika olahraga tetap ingin dilakukan Anda bisa menggunakan adaptasi yang tepat.

Baik dari segi teknik, porsi latihan, atau variabel lain, bisa disesuaikan dengan kondisi yang Anda miliki.

4. Melakukan Olahraga Berlebihan

Sekuat apapun tubuh yang Anda miliki, tetap ada batas yang jelas untuk mengatakan cukup. Olahraga memang hal yang baik, namun saat dilakukan berlebihan akan memberikan beban pada tubuh yang diluar kapasitasnya sehingga memicu cedera.

Pastikan porsi olahraga harian Anda tidak berlebihan dan sesuai dengan kekuatan tubuh. Jika ingin meningkatkan porsi latihan, lakukan secara bertahap dan perlahan sesuai arahan atau rekomendasi.

5. Peralatan yang Tidak Mendukung

Beberapa olahraga permainan menggunakan peralatan yang khusus. Misalnya sepatu basket untuk bermain basket, sepatu badminton untuk badminton, dan seterusnya. Hal ini karena setiap olahraga memiliki gerakan yang khas, sehingga membutuhkan dukungan optimal pada bagian tertentu dari tubuh yang digunakan.

Peralatan yang tidak mendukung bisa jadi penyebab terjadinya cedera olahraga. Jika memungkinkan, selalu gunakan peralatan pendukung yang berkualitas dan sesuai dengan olahraga yang dilakukan.

Share this post

Sign in to leave a comment