Beberapa Tips yang Bisa Dilakukan Olahraga Saat Puasa

25 April 2022 - 19:58 WIB

tribratanews.tribratanews.com - Tidak sedikit orang yang enggan olahraga saat berpuasa karena takut tubuh jadi lemas dan kurang bertenaga. Padahal dari sisi medis, olahraga tetap dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Senin, (25/4/22).

Lebih dari itu, rutinitas olahraga penting dilakukan saat puasa, bagi kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Hanya saja intensitas dan frekuensinya tentu harus disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Jika tidak memungkinkan olahraga berat, kamu bisa melakukan yang ringan seperti berjalan kaki sambil menunggu waktu berbuka. Olahraga jalan kaki asal dilakukan rutin juga bisa membantu menurunkan berat badan saat puasa.

Beberapa tips yang bisa dilakukan olahraga saat puasa.

1. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih dalam jumlah cukup di waktu sahur dan berbuka. minum air putih dapat membantu mengurangi risiko dehidrasi di siang hari - terutama jika kamu berencana untuk berolahraga inten. Saya biasanya minum empat gelas besar air saat sahur untuk memastikan saya terhidrasi sepanjang hari.

2. Olahraga Meski Hanya Sebentar

Tips olahraga saat puasa berikutnya adalah lakukan aktivitas fisik meski hanya dalam waktu singkat, setidaknya 10 menit. Jika kamu tidak memiliki tenaga untuk berolahraga selama 45 menit, pertimbangkan aktivitas ringan apa pun yang kamu bisa lakukan.

Lakukan peregangan, lakukan yoga, jalan-jalan - apa pun jenis gerakan yang ingin kamu lakukan, lakukan saja.

3. Perhatikan Porsi Olahraga

Ketika berpuasa, buatlah beberapa sesi latihan dengan jumlah yang konsisten dan bertujuan untuk menjaga tingkat olahraga yang dilakukan. Biasanya energi saat berpuasa lebih mudah habis sehingga tubuh menjadi cepat lelah dan membuat seseorang menjadi malas berolahraga. Satu set latihan yang stabil bisa menguatkan tenaga. Kamu tidak perlu membuat target atau rekor terbaru karena ini berarti memaksakan diri untuk mencapai batas kemampuan dan tenaga.

4. Intensitas Saat Olahraga

Tidak hanya porsi olahraga, intensitas olahraga juga perlu disesuaikan dengan tingkat energi yang dimiliki. Kamu bisa mengurangi beberapa jenis gerakan dalam tiap set olahraga yang Anda lakukan. Hindari olahraga intensitas tinggi atau angkat beban yang terlalu berat. Kurangi beban olahraga dan pilih cara yang lebih aman untuk menstimulasi otot-otot.

5. Cukupi Asupan Air Putih

Asupan air saat berolahraga perlu diperhatikan. Untuk kamu yang berolahraga di siang hari saat berpuasa, perlu tetap terhidrasi di malam sebelumnya, baik saat sahur maupun buka puasa. Dehidrasi bisa meningkatkan risiko cedera, membatasi performa olahraga, hingga memperlambat pemulihan dalam tubuh. Jaga asupan air sepanjang waktu berbuka hingga waktu sahur, dengan total asupan minimal 2 liter air.

Share this post

Sign in to leave a comment