Hoax! KPK Temukan Hasil Korupsi Presiden Jokowi

12 May 2023 - 16:00 WIB
Foto: Turnbackhoax.id

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Beredar video di media sosial Youtube dengan klaim Jokowi tak bisa mengelak, KPK temukan tumpukan uang hasil korupsi.

Video menyesatkan tersebut diposting oleh akun Youtube Kabar Akurat dengan judul BERITA TERKINI ~JOKOWI TAK BISA MENGELAK,KPK TEMUKAN TUMPUKAN UANG HASIL KORUPSI ~ BREAKING NEWS” pada tanggal 22 April 2023. Dalam thumbnail video tersebut ditunjukan, Jokowi dan sejumlah tumpukan uang.

Faktanya dilansir dari Turnbackhoax.id, Kamis (11/5/23), foto thumbnail dan video yang diunggah merupakan hasil editan disertai dengan narasi yang menyesatkan. Tidak ditemukan informasi terkait penemuan tumpukan uang korupsi Jokowi oleh KPK seperti yang dinarasikan dalam video.

Baca Juga:  Polisi Gagalkan Peredaran Narkotika di Tanjung Balai

Video tersebut hanya menunjukkan video liputan dari METRO TV yang memberitakan KPK yang menjadwalkan pemanggilan terhadap pengusaha Dito Mahendra terkait kepemilikan senjata api ilegal dengan judul: “Polri Segera Jadikan Dito Mahendra sebagai DPO”, pada tanggal 3 Mei 2023.

Dalam cuplikan video tersebut juga merupakan cuplikan video yang disunting dari video lain seperti video yang diunggah oleh Harian Kompas seperti “KPK Ungkap 10 Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Proyek Kereta Api”. Selain itu juga, video dari Kompas.com pada tanggal 11 April 2023 dengan judul: “OTT KPK di Semarang, Pejabat Balai Teknis Perkeretaapian Ditangkap”.

(as/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment