[HOAKS] Terancam, Kini Pulau Kalimantan sebagai Jaminan Utang ke Cina

21 August 2024 - 21:00 WIB
Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Viral di Youtube sebuah unggahan video dengan narasi "BERITA TERKINI ~ JKW MENGUNDURKAN DIRI, PULAU KALIMANTAN TERANCAM SEBAGAI JAMINAN UTANG KE CHINA?". Video berdurasi 9 menit 53 detik tersebut telah dilihat sebanyak 3.402 pengguna.

Namun faktanya, berdasarkan hasil penelusuran dari turnbackhoax.id, Selasa (20/8/24), judul dan isi video yang beredar tersebut tidak berkaitan. Tidak ditemukan informasi valid terkait Pulau Kalimantan terancam sebagai jaminan utang ke Cina. Video tersebut hanya menampilkan beberapa cuplikan video berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

Dalam video tersebut terdapat narasi yang membahas tentang Presiden Jokowi yang menawarkan agar program Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi bagian dari program Belt and Road Initiative (BRI) Cina. Padahal beberapa negara sudah terkena jebakan utang lewat proyek jalur sutra Cina itu. Narasi tersebut merupakan narasi yang bersumber dari artikel inilah.com yang diunggah pada Kamis, 19 Oktober 2023.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment