[HOAKS] Kabupaten Bali dan Banyuwangi Rata Diterjang Gempa

20 August 2024 - 19:00 WIB
Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Viral di YouTube sebuah video yang mengeklaim Provinsi Bali dan Kabupaten Banyuwangi hancur lebur akibat gempa. Video tersebut diunggah pada 15 Agustus 2024 dengan judul "BALI & BANYUWANGI HANCUR LEBUR!! WARGA KAGET SEKAMPUNG MENDADAK BERHAMBURAN, GEMPA JEMBRANA".

Namun faktanya, klaim pada unggahan video tersebut tidak benar. Melansir dari turnbackhoax.id, Minggu (18/8/24), narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh antaranews.com yang berjudul "Gempa 5,0 magnitudo guncang Jembrana Bali dan Banyuwangi Jawa Timur". Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa Provinsi Bali dan Kabupaten Banyuwangi hancur lebur akibat diterjang gempa.

Dalam artikel tersebut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi gempa berkekuatan 5,0 magnitudo mengguncang Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, dan Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Adapun pusat gempa tersebut terletak di laut pada kedalaman 15 kilometer atau berjarak 156 kilometer dari arah barat daya Kabupaten Jembrana.

BMKG melaporkan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Namun masyarakat diimbau waspada seraya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya sampai hasil analisis peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment