[Hoaks] Rencana PKI Gaya Baru Bocor Lewat Video

23 June 2023 - 06:45 WIB
Foto: Kominfo.go.id

Tribratanews.tribratanews.com – Jakarta. Beredar sebuah postingan video di Facebook dengan tampilan visual tidak jelas, tetapi diklaim memutarkan audio berisi bocornya rencana Partai Komunis Indonesia (PKI) bergaya baru dengan menyusupkan kader-kader ke dalam instansi pemerintahan, organisasi masyarakat, dan organisasi keagamaan.

Faktanya: rekaman video tersebut diambil dari dua video yang berbeda. Video pertama memuat mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Gatot Nurmantyo saat menjadi narasumber di Universitas Indonesia (UI) pada 2014 lalu. Video tersebut telah disunting sedemikian rupa sehingga memunculkan tafsir lain.

Baca Juga:  [Disinformasi] Polisi Jemput Paksa Rocky Gerung

Sementara itu, video kedua memuat Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah menteri dan pejabat negara menyampaikan hasil laporan dari Tim Penyelesaian Non-Yudisial Pelanggaran Hak Asasi Manusia yang Berat (Tim PHAM). Video tersebut turut disunting sehingga terdapat perubahan konteks materi pada sumber rekaman video.

Kesimpulan: video di Facebook dengan tampilan visual tidak jelas, tetapi diklaim memutarkan audio berisi bocornya rencana Partai Komunis Indonesia (PKI) bergaya baru dengan menyusupkan kader-kader ke dalam instansi pemerintahan, organisasi masyarakat, dan organisasi keagamaan adalah tidak benar/hoaks.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment