[Disinformasi] Polisi Jemput Paksa Rocky Gerung

21 June 2023 - 22:00 WIB
Foto: Kominfo.go.id

Tribatanews.tribratanews.com – Jakarta. Beredar postingan video di Facebook dengan Thumbnail yang menampilkan akademisi Rocky Gerung sedang ditangkap polisi. Dalam gambar tersebut turut disertai keterangan "Detik Detik Dijemput Paksa !! Rocky Gerung Bicara Se Enak Jidad".

Faktanya: berdasarkan penelusuran cek fakta Kompas.com, gambar pada thumbnail video tersebut mirip dengan foto di laman artikel Dinamika Jambi yang rilis pada 20 Juni 2024 dengan judul "Modus Minta Bantuan Dengan Proposal, 3 Pria Ini Dibekuk".

Baca Juga:  Aktivitas Gunung Lokon Berpotensi Erupsi, Jalur Pendakian Ditutup Sementara

Dalam foto aslinya, pria yang ditangkap bukanlah Rocky Gerung, melainkan preman di Kota Makassar yang sering memalak pedagang asongan dan karyawan hotel di Kecamatan Panakkukang. Namun dalam postingan video yang beredar di Facebook tersebut tidak terdapat informasi soal Rocky Gerung dijemput paksa polisi.

Dalam video berdurasi 8 Menit 15 Detik tersebut sang narator hanya membacakan artikel dari laman Makassar Terkini berjudul “Rocky Gerung: Jokowi Jadi Menteri Agama Saja, Lebih Masuk Akal”.

Kesimpulan, video yang menampilkan akademisi Rocky Gerung sedang ditangkap polisi. Dalam gambar tersebut turut disertai keterangan "Detik Detik Dijemput Paksa !! Rocky Gerung Bicara Se Enak Jidad" adalah tidak benar/Disinformasi.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment