[Hoaks] Presiden RI Jokowi Bertemu CEO TikTok Guna Kondisikan Algoritma Prabowo Gibran

29 November 2023 - 07:15 WIB
Foto : Kominfo.go.id

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Beredar postingan di Facebook mengenai sebuah tangkapan layar yang menampilkan narasi dengan judul "JOKOWI BERTEMU CEO TIKTOK UNTUK KONDISIKAN ALGORITMA, ALGORITMA PRABOWO GIBRAN", dalam artikel tersebut berisi narasi dengan upaya untuk meminta mengkondisikan posisi pasangan calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka di media sosial TikTok.

Baca Juga: Hadiri Wisuda Prabhatar, Kapolri: Wujud Komitmen Sinergisitas dan Soliditas TNI-Polri Sejak Dini

Faktanya, dilansir dari laman Tempo.co, bahwasanya tangkapan layar tersebut terlihat mencatut dari tirto.id dan Yayasan Kurawal. Akan tetapi, dari pihak Tirto.id dan Yayasan Kurawal menyatakan bahwa pihaknya tidak terlibat dalam konspirasi pemilu tersebut, ada pun penjelasan dari Wakil Direktur Kurawal Donny Ardyanto menyebutkan bahwa adanya bentuk kerja sama dengan Tirto.id pada tahun 2020 terkait liputan mendalam soal politik keluarga besar Presiden Jokowi jelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2020 pernah terjadi.

Hingga saat ini tidak ada bentuk kerja sama dari pihak Tirto.id, sehingga dapat dipastikan postingan yang beredar di Facebook mengenai tirto.id dan Yayasan Kurawal adalah tidak benar atau hoax.

(as/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment