[Hoaks] Presiden Jokowi Bubarkan BEM UI

3 July 2023 - 06:45 WIB
Foto: Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengklaim bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) membubarkan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) setelah tim khusus (timsus) menemukan adanya paham radikalisme dan ancaman kepada Presiden Jokowi.

Dalam video berdurasi 10 Menit 9 Detik tersebut turut disertakan judul "Jokowi Bubarkan BEM UI & Di Cap Sontoloyo Karena 4nc4m Presiden B3rd4r4h D4r4h.."

Baca Juga:  Israel Menang Adu Penalti Lawan Georgia di Perempat Final Euro U-21

Faktanya dilansir dari Kompas.com, narasi yang dibacakan dalam video merupakan artikel yang dimuat pada laman suatu situs dengan judul “Ketua BEM UI Cap Sontoloyo Ancam Rusuh Jelang Pemilu 2024".

Selain itu, sang narator juga membacakan artikel yang dimuat dalam situs lain berjudul "Viral BEM UI Ancam Jokowi, Langsung Jadi Bulan-bulanan Warganet: Syawat Kekuasaan Muncul, Setelah Lihat Seniornya Nyaleg!".

Dalam video tersebut tidak ada informasi kredibel yang membuktikan atau menunjukkan bahwa Presiden Jokowi membubarkan BEM UI karena adanya temuan paham radikalisme dan ancaman kepada pihaknya.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment