[Hoaks] Obat AZT Membunuh Pasien Penyakit AIDS

2 July 2023 - 07:15 WIB
Foto: Turnbackhoax

Tribratanews.tribratanews.com - Beredar sebuah video di Instagram yang mengklaim obat AZT (zidovudine). Dalam klaim tersebut dikatakan bahwa AZT selama ini digunakan untuk penyembuhan penyakit AIDS.

Dan nyatanya justru malah membunuh sebagian besar pasien AIDS. Namun, klaim terkait AZT itu adalah hoaks.

Setelah ditelusuri melalui klaim tersebut salah dan keliru. Faktanya, obat AZT justru bekerja untuk mengganggu proses replikasi HIV.

Baca Juga:  Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Wilayah Bantul, Yogyakarta

Sehingga dapat mengurangi jumlah virus dalam darah dan memperlambat perkembangan penyakit AIDS. Obat HIV ini dapat menghambat enzim reverse transcriptase yang digunakan virus HIV untuk memperbanyak diri.

Dilansir dari rri.co.id. Virus HIV menyerang sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh rentan terhadap infeksi. Zidovudine dapat mengurangi jumlah virus HIV dan memperbaiki kerja sistem kekebalan tubuh.

Kristen Nordlund, juru bicara Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) memberikan klarifikasi. Ia menyebut bahwa obat AZT masih dianggap sebagai terobosan yang signifikan untuk menanggulangi penyakit HIV/AIDS.

Dengan demikian, Obat AZT Membunuh Pasien Penyintas HIV adalah tidak benar. Klaim tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment