[Hoaks] Jusuf Kalla Ditangkap Karena Mengkritik Presiden Jokowi

15 June 2023 - 08:15 WIB
Foto: Kominfo

Tribratanews.tribratanews.com – Jakarta. Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengklaim penangkapan mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla karena mengkritik pembangunan infrastruktur jalan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Video tersebut berdurasi 8 menit 10 detik dengan judul "V1ral ~ Jusuf Ka11a Tak Terto1ong, Kritik Ped4s Ke J0kowi Berbuntut P4njang ~ Ber1ta Terb4ru". Dalam thumbnail video yang ditampilkan terdapat gambar Jusuf Kalla yang dikawal aparat kepolisian dan Presiden Jokowi yang menggunakan baju kemeja putih.

Faktanya, unggahan video yang mengklaim penangkapan Jusuf Kalla karena kritiknya terhadap Presiden Jokowi adalah tidak benar.

Baca Juga:  Polisi Ringkus 60 Pemain Judi di Sawah Besar Jakarta Pusat

Dilansir dari cekfakta.tempo.co, video yang beredar merupakan kumpulan potongan video dari peristiwa yang berbeda dan tidak ada kaitannya dengan peristiwa penangkapan Jusuf Kalla oleh aparat kepolisian. Selain itu, tidak ditemukan sumber kredibel yang menginformasikan penangkapan Jusuf Kalla karena kritiknya terhadap Presiden Jokowi.

Kesimpulan: Penangkapan Jusuf Kalla karena kritiknya terhadap Presiden Jokowi adalah tidak benar/ hoaks.

Link counter:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2318/keliru-mantan-wapres-jusuf-kalla-ditangkap-karena-kritik-jokowi

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment