[Hoaks] Amien Rais Menjadi Dalang Utama di Balik Ponpes Al-Zaytun

5 July 2023 - 22:00 WIB
Foto: Kominfo.go.id

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Beredar postingan video di Facebook dengan klaim bahwa Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais merupakan dalang utama di balik polemik yang menjerat Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Dalam thumbnail video tersebut turut terdapat gambar Amien Rais yang diringkus oleh aparat keamanan disertai keterangan "BEKINGAN PANJI GUMILANG DICIDUK" dan "TERNYATA AMIEN RAIS DALANG UTAMA PONPES AL ZAYTUN".

Dilansir dari Kominfo.go.id, klaim yang menyebutkan bahwa Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais merupakan dalang utama di balik polemik yang menjerat Ponpes Al-Zaytun di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat adalah hoaks/informasi salah. Thumbnail dalam video yang menampilkan Amien Rais ditangkap merupakan hasil suntingan belaka/editan.

Baca Juga:  Kapolda Sulut Sebut Investasi Kesehatan Merupakan Peningkatan Kualitas SDM Polri

Sementara itu, narasi yang dibacakan oleh sang narator dalam unggahan video merupakan artikel milik kaltim.tribunnews.com terkait pendapat Amien Rais dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy soal sponsor Ponpes Al-Zaytun.

Hingga saat ini tidak ditemukan berita yang kredibel terkait keterlibatan Amien Rais dan polemik Ponpes Al-Zaytun di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Kesimpulan, video di Facebook dengan klaim bahwa Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais merupakan dalang utama di balik polemik yang menjerat Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun adalah tidak benar/ hoaks.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment