Disinformasi, Video Jakarta Diguncang Gempa 12,7 SR

8 February 2023 - 07:00 WIB
Kominfo.go.id

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Sedang ramai postingan video di media sosial Youtube dengan klaim DKI Jakarta diguncang gempa raksasa 12,7 Skala Richter (SR).

Faktanya dari penelusuran jalahoaks.jakarta.go.id, Selasa (7/2/23), diketahui video tersebut merupakan hasil suntingan/modifikasi. Adapun sumber yang digunakan adalah video berjudul “Waspadai Sesar Baribis dan Potensi Gempa di Jakarta untuk Memitigasi Sejak Dini, yang tayang di kanal YouTube Harian Kompas pada tanggal 2 Desember 2022 lalu.

Baca juga : Informasi Palsu, Video Deklarasi 3 Periode Presiden

Dalam video tersebut juga menampilkan sejumlah cuplikan dari kejadian gempa bumi. Selain itu, narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari dua artikel berita, yaitu “Alert! Ada Potensi Gempa M 8,7, Jakarta Dalam Bahaya Besar” yang tayang di cnbcindonesia.com pada tanggal 17 Februari 2022 dan “14 Wilayah di Jakarta Berpotensi Mengalami Gerakan Tanah pada Oktober 2022” yang tayang di kompas.com pada tanggal 12 Oktober 2022.

Dari kedua sumber berita tersebut, tidak adanya ditemukan informasi wilayah DKI Jakarta telah dilanda gempa bumi raksasa 12,7 SR. Selain itu, tidak ditemukan adanya pemberitaan dari portal resmi dan media kredibel mengenai klaim gempa di DKI Jakarta yang mencapai 12,7 SR.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment