Wapres Harap Kesuksesan KTT G20 jadi Modal KTT ASEAN

15 April 2023 - 19:20 WIB
Foto: rri.co.id

Tribratanews.tribratanews.com - Gorontalo. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, 9 - 11 Mei, diharapkan mengulang kesuksesan KTT G20 tahun lalu. Hal disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin usai salat Jumat di Masjid Agung Baiturahman, Provinsi Gorontalo, Jumat (14/4/23).

“Kita harapkan pengalaman Indonesia di KTT G20 yang sukses itu akan juga diulang. Artinya, oleh KTT ASEAN dan ASEAN kan lebih kecil. Kalau G20 lebih besar, itu banyak negara yang terlibat secara global. Dan hasilnya sangat memuaskan dan diakui oleh berbagai negara di dunia” ungkap Wapres. 

Menurut Wapres, KTT ASEAN bisa mencontoh kesuksesan KTT G20 dari segi pengamanan. Dimana pengamanan yang ketat utamanya memastikan keselamatan dan keamanan para kepala negara dan delegasi. Kita sudah punya pengalaman menyelenggarakan G20 dan itu juga pengamanannya ketat. Oleh karena itu, pengalaman itu dijadikan modal dalam rangka menghadapi KTT ASEAN.

Baca Juga:  Pemudik Diimbau Jaga Kondisi Kesehatan Hindari Risiko Kecelakaan

“Kelancaran penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 juga akan diikuti dengan berbagai hasil memuaskan. Kita harap itu (kesukseskan G20) akan mengulang di KTT ASEAN dan akan mendapatkan hasil-hasil yang memuaskan,” harap Wapres, seperti dikutip dari rri.co.id Jumat (14/4/23).

Sementara itu, masyarakat juga diimbau untuk mendukung kesuksesan KTT ASEAN yang akan diselenggarakan di Labuan Bajo maupun di Jakarta. Kepada masyarakat kita imbau supaya ikut mendukung, ikut menjaga dan ikut mendorong menguatkan agar KTT berhasil dengan baik.

Sebagai Ketua ASEAN 2023, Indonesia akan menyelenggarakan KTT sebanyak dua kali. KTT ke-42 pada Mei dikhususkan untuk para negara anggota ASEAN. Dan KTT kedua dijadwalkan diselenggarakan dengan mengundang negara-negara mitra wicara. Rencananya pada September di Jakarta. 

Dalam keketuannya di ASEAN pada 2023 Indonesia mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”. Secara garis besar tema itu dipilih dengan tujuan tetap menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan di kawasan. 

(rz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment