Korlantas Polri Siapkan Skema Arus Mudik Lebaran Tahun 2023

15 April 2023 - 17:30 WIB
Foto: ntmcpolri

www.tribratanews.com - Jakarta. Kesiapan dalam merencanakan dan mengantisipasi arus mudik lebaran tahun 2023, dilakukan dengan berkaca pada lebaran tahun sebelumnya. Hal tersebut disampaikan Kakorlantas Polri Irjen. Pol. Drs. Firman Santyabudi, M.Si., di Jakarta.

“Kita mencatat dan mengevaluasi tahun-tahun lalu untuk dipastikan pada lebaran mudik tahun ini hal yang dijadikan evaluasi tidak terjadi,” jelas Kakorlantas dilansir dari laman ntmcpolri, Jumat (14/4/23).

Kakorlantas mengatakan, dengan kerja sama seluruh petugas dan stakeholder, baik melaksanakan peninjauan langsung untuk semua jalur tol dan non tol, dari arah Selatan dan Tengah, serta rapat tekhnis yang dilakukan untuk menyiapkan pengaturan pada saat hari H menuju arus mudik 2023.

Baca Juga: Pemudik, Catat Jadwal Rekayasa Lalu Lintas

“Terdapat dua catatan besar menjelang arus mudik ini, mulai dari memastikan suksesnya deliver pemudik yang mengarah Barat (Merak) dan penggunaan pelabuhan Ciwandan yang nantinya beroperasi saat arus mudik. Catatan besar yang pertama itu kita memastikan suksesnya deliver rekan-rekan kita yang ke arah Barat yaitu menyeberang di Merak tahun ini kita merekayasa dengan mengurangi kendaraan yang masuk ke Merak, dan untuk kendaraan roda dua, kendaraan truk nanti akan menggunakan pelabuhan Ciwandan,” jelas Kakorlantas.

Irjen. Pol. Firman Santyabudi menambahkan, dengan adanya penambahan pelabuhan, terdapat juga perbaikan manajemen rest area, serta pelatihan untuk seluruh jajaran agar memastikan bahwa sumbatan-sumbatan tadi bisa diperhalus jangan sampai terjadi hambatan.

“Masyarakat tentu saja memiliki peran penting untuk mensukseskan arus mudik. Imbauan terkait pemudik juga terus diingatkan terutama memastikan kendaraan yang digunakan dalam keadaan prima, melengkapi bekal saat melakukan perjalanan, serta istirahat diutamakan jika sudah lelah. Tentunya berdoa, sabar berada di jalan, kita semua bersama-sama ingin mensukseskan kepulangan yang amat berkesan sekali,” tutup Kakorlantas Polri.

(bg/hn/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment