Wapres Berharap Pemerintahan Prabowo-Gibran Lanjutkan Program Penurunan Stunting

5 September 2024 - 11:00 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berharap jajaran pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dapat melanjutkan program percepatan penurunan stunting.

"Saya sangat berharap jajaran pemimpin pemerintahan baru dapat terus berkomitmen melanjutkan pelaksanaan program percepatan penurunan stunting dan menjaga hasil yang sudah dicapai sebelumnya. Akan lebih baik lagi jika dapat melampaui pencapaian pada periode sebelumnya," ujar Wapres, Rabu (4/9/24).

Wapres menyatakan bahwa selama pelaksanaan program percepatan penurunan stunting lima tahun terakhir banyak kemajuan yang sudah tercatatkan.

"Kita patut bersyukur bahwa angka prevalensi stunting turun dari 30,8 persen pada tahun 2018 menjadi 21,5 persen pada tahun 2023. Artinya, dalam lima tahun, kita bisa menurunkan prevalensi stunting sebesar 9,3 persen atau rata-rata 1,85 persen per tahunnya. Penurunan ini satu setengah kali lebih cepat jika dibandingkan dengan periode tahun 2013-2018," jelas Wapres.

Wapres menganggap hasil yang telah dicapai tersebut merupakan buah dari kerja keras, kerja cerdas, dan kerja kolaboratif dari semua unsur yang terlibat. Namun, ia juga mengingatkan target besar yang masih harus dicapai, yaitu membebaskan anak Indonesia dari stunting.

Oleh karena itu, Wapres memberikan penekanan khusus tentang pentingnya keberlanjutan pelaksanaan program penanggulangan stunting.

"Kepemimpinan bisa berganti dan angka stunting bisa diturunkan. Akan tetapi, kita masih memiliki pekerjaan rumah yang belum selesai, yaitu membebaskan anak Indonesia dari stunting," ujar Wapres.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment