Tokoh Adat Papua Ajak Masyarakat Untuk Gunakan Hak Pilih Dalam Pemilu

31 January 2024 - 13:30 WIB
Dok. Satgas DC

Tribratanews.tribratanews.com - Papua. Tokoh adat Papua dari Kabupaten Keerom Herman Yoku mengajak masyarakat Papua khusus di Keerom untuk mendukung pelaksanaan pesta demokrasi yang dilaksanakan tanggal 14 Februari 2024.

Dalam penyampaiannya, dirinya mengatakan bahwa ini merupakan pertanda bahwa Pemilu di Negara Indonesia tepat di tanggal hari kasih sayang.

"Saya berharap agar masyarakat menciptakan rasa aman, damai dan tertib selama pesta demokrasi digelar. Dengan begitu, maka benar-benar menghasilkan hak suara kita untuk pembangunan kedepan khususnya pembangunan dari Otsus dan secara umum pembangunan berkelanjutan," ujar Herman Yoku, Selasa (30/1/24).

Baca Juga: Satgas Damai Cartenz Ikut Terlibat Dalam Pengamanan Pemilu 2024 di Papua

Herman Yoku menambahkan bahwa sebagai warga negara mesti taat hukum dan UU. Maka itu, seluruh wilayah di mana kita tinggal juga harus dijaga bersama-sama selama Pemilu sebab yang dilaksanakan merupakan pemilu damai, tertib, aman, rahasia, bebas dari segala hambatan.

Herman Yoku juga menjelaskan bahwa terkait adanya isu oknum memboikot pemilu. justru disini saya mengajak kita sebagai warganegara menggunakan hak pilih yang juga sebagai hak politik demi pembangunan kedepan.

"Jangan lagi ada isu boikot pemilu sebab itu bukan solusi satu-satunya pelaksanaan penyelenggaraan pesta demokrasi. Ingat ini 5 tahun sekali yang dilaksanakan. Bila anda tak berikan 1 suara saja ke kotak suara di TPS maka anda akan rugi 5 tahun kedepan. Jadi, mari gunakan hak pilihmu sehingga di mana pun anda berada, anda kembali ke daerah masing-masing di mana TPS anda berada. Sekalipun anda berada di Jakarta dan di mana pun, diajak kembali sebagai warganegara yang baik menggunakan hak pilih," jelas Herman Yoku.

Terkait hal tersebut Herman Yoku menegaskan bahwa pelaksanaan pemilu 14 Februari akan tetap dilaksanakan dengan damai, tertib demi kepentingan pembangunan bagi warga negara Indonesia yang ada di Papua.

(ri/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment