Tingkatkan Pelayanan Maksimal Kepada Masyarakat, SDM Polri Buka Pembekalan Psikologi

3 February 2022 - 11:12 WIB
www.tribratanews.com - Jakarta. As SDM Kapolri, Irjen. Pol. Drs. Wahyu Widada, M.Phil., yang diwakilkan oleh Karo Psikologi, Brigjen. Pol. Kristiyono, S.IK., M.Si., membuka pelatihan dengan tema "Pembekalan Psikologi kepada Petugas Pelayanan Masyarakat T.A 2022" di Gedung The Tribrata Darmawangsa, Jakarta, Kamis (3/2/2022).
 
Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri oleh Pejabat Utama SSDM Polri, Ketua Harian Kompolnas, Irjen Pol (Purn) Dr. Benny Jozua Mamoto,.S.H., M.Si., dan Dosen Fakultas Psikologi Binus University Jakarta dan Konsultan Pelayanan Prima, Dr. Drs. Wing Ispurwanto, M.B.A., M.Si., Psikolog. 
 
Dalam sambutannya, Karo Psikologi SDM Polri itu menjelaskan bahwa saat ini Polri sudah memasuki grand staretegi ke 4 yaitu excellent, dan dalam Strategi excellent tersebut harusnya sudah tidak ada lagi keluhan. Akan tetapi kenyataannya masih ada dan bahkan kejadian tersebut menjadi viral dimedia sosial. 
 
"Kepercayaan publik yg dibangun bersama oleh Polri saat ini rusak akibat satu atau dua pelayanan yang buruk, apalagi sekarang banyak kejadian yang diamplifikasi dimedia sosial yang viral dan trending," jelas Jenderal Bintang Satu itu. 
 
Ia juga menjelaskan bahwa saat Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., melaksanakan rapat bersama Komisi III DPR RI terkait kinerja evaluasi Polri pada tahun 2021, Polri mempunyai target yaitu mendorong perubahan Culture dan Budaya Polri yang dekat dan dicintai masyarakat dengan strategi:
 
1.Pelayanan Publik (layanan cepat, mudah dan tidak bertele-tele, petugas yang ramah dan humanis serta kualitas pelayanan bisa dirasakan masyarakat, lokasi pelayanan harus tersedia pengaduan dan penanganan komplain).
 
2.Penegakan hukum (jaga wibawa dan marwah Polri, berpihak pada masyarakat utamanya Pok lemah, beri kepastian hukum, kedepankan keadilan restorative, Gakkum (Ultimum remedium), dan junjung tinggi HAM.
 
Ia juga berharap bawah kegiatan ini mampu memberikan kontribusi nyata pada perbaikan kinerja Polri, utamanya pada pelayanan yang paripurna dan zero complaint pada garis terdepan pelayanan Polri.
 
"Lakukan kegiatan semacam ini di wilayah masing-masing, agar seluruh anggota Polri memiliki mindset dan Culture set yang baik dalam pelayanan kepada masyarakat, ” pungkasnya. 
 
 
 
 
 
 

Share this post

Sign in to leave a comment