Tim SAR Gabungan Berhasil Selamatkan ABK Kapal Tenggelam di Karimunjawa

14 October 2024 - 11:30 WIB
RRI

Tribratanews.tribratanews.com - Banjarmasin. Tim SAR (Search and Rescue) Gabungan, berhasil evakuasi sebanyak 11 orang Anak Buah Kapal (ABK) dari Kapal Nelayan Sabar Subur. Kapal itu tenggelam di perairan Laut Jawa, tepatnya, sekitar Pulau Karimunjawa.

Informasi mengenai kejadian tersebut diterima oleh Com Center Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Banjarmasin dari agen PT. GSM Edi.

Mereka melaporkan bahwa tim SAR telah mengevakuasi seluruh ABK yang kemudian dibawa ke Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Kepala Basarnas Banjarmasin, I Putu Sudayana, S.E., M.A.P., mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah dengan cepat melakukan penanganan terhadap kejadian tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penanganan cepat dan responsif,” ujarnya, dilansir dari laman RRI, Minggu (13/10/24).

Adapun Tim Rescue KPP Banjarmasin yang ikut terlibat dalam upaya penanganan itu terdiri dari 6 anggota yang langsung berangkat ke Pelabuhan Trisakti untuk menjemput para ABK. Diketahui, sekitar pukul 20.10 WIB, KM SK 3 telah tiba di pelabuhan dalam keadaan selamat.

“Setelah sampai di pelabuhan, selanjutnya mereka akan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Tim Medis KKP Banjarmasin, Juga dibantu instansi terkait lainnya,” jelasnya.

Hasil penanganan menunjukkan bahwa seluruh 11 ABK berhasil selamat tanpa ada laporan korban meninggal dunia. Nama-nama ABK yang selamat antara lain Darsono, Sutrisno, Dariyanto, Samsul, Sampurno, Arifin, Alim, Soyoto, Zamani, Andreas, dan Rudi.

Kemudian, operasi penjemputan ini melibatkan berbagai unsur seperti Tim Rescue KPP Banjarmasin, KSOP Banjarmasin, Ditpolair Polda Kalsel, Lanal Banjarmasin, dan KKP Banjarmasin. Selain itu, SROP Banjarmasin, agen PT. GSM, Polair Polresta Banjarmasin, Babinsa Telaga Biru, Palindo, dan Disnav juga turut terlibat dalam aksi penjemputan ABK.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment