Tantangan Humas Polri di Era Digital

24 March 2022 - 16:23 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Divhumas Mabes Polri, yang berlangsung di Jakarta, 22-23 Maret 2022, memberikan banyak catatan tentang penting bagi insan kehumasan Polri.

Polri sebagai institusi pelayan masyarakat dengan spektrum luas melakukan banyak perubahan terkait fungsi dan dinamika Polri di era digital. Perkembangan teknnologi komunikasi, yang menyebabkan terjadinya perubahan budaya atau cara manusia mengkonsumsi media, mau tidak mau juga harus diikuti oleh Polri.

Termasuk juga mengantisipasi banyaknya fenomena baru dalam pemanfaatan media. Apalagi, saat ini sifat media yang menjadi dua arah, menyebabkan dominasi pemilik dan pengelola media lama terhadap khalayaknya juga mengalami pergeseran.

Dalam konteks seperti di atas, tentu saja model kehumasan yang hanya pasif menanggapi apa yang ada di media massa atau media sosial, rasanya sudah tidak pantas lagi ada pada masa kini. Selain itu, bermain dalam platform tunggal, rasanya juga sudah amat ketinggalan jaman dan sulit untuk menyeleraskan dengan perkembangan masyarakat secara umum.

Apalagi sikap untuk menyamakan semua khalayak dari berbagai platform media sebagai sesuatu yang seragam, juga harus dibuang jauh-jauh.

Menurut pakar komunikasi, Rahmat Edi Irawan, apa yang tengah disiapkan Polri dalam penanganan humas di institusi Polri, sudah on the track. Polri adalah institusi pemerintahan yang terus menyelaraskan diri mereka dengan teknologi komunikasi yang terbaru, dan juga terus menyiapkan sumber daya manusia terbaik di bidang ini. Jadi, jangan ragukan kemampuan Polri dengan Presisinya dalam melayani masyarakat Indonesia.

Share this post

Sign in to leave a comment