Tangkal Radikalisme, Polisi Perkuat Pembinaan Masyarakat di Sorong

29 November 2023 - 13:45 WIB
Antaranews

Tribratanews.tribratanews.com - Sorong. Kepolisian Resor Sorong, Polda Papua Barat Daya memperkuat pembinaan nasionalisme kepada masyarakat guna menangkal radikalisme, terorisme dan anti Pancasila di wilayah Kabupaten Sorong.

Kasat Binmas Polres Sorong, Iptu Riklof, menjelaskan pencegahan dan penangkalan terhadap paham radikalisme, terorisme dan anti Pancasila merupakan salah satu upaya yang dilaksanakan dalam rangka menjaga keutuhan NKRI dan mencegah berkembangnya paham yang tidak sejalan dengan nilai-nilai Pancasila dan NKRI di wilayah Kabupaten Sorong.

Baca Juga: Setelah Adanya Penetapan Tersangka, Mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo Bakal Diperiksa di Mabes Polri

"Ini kita lakukan melalui pembinaan dan penyuluhan yang digelar personel Satbinmas Polres Sorong merupakan pelaksana preemtif," ujarnya, dilansir dari Antaranews, Selasa (28/11/23).

Penyuluhan tersebut dilaksanakan di semua lini baik di tempat umum maupun di sekolah-sekolah dan kelompok masyarakat lainnya.

“Kita imbau kepada warga masyarakat agar tidak mudah terpengaruh dengan paham-paham sesat tersebut yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya pembinaan rutin ini masyarakat bisa meminimalkan timbulnya paham yang mengarah pada radikalisme dan terorisme di wilayah hukum Polres Sorong sehingga tercipta situasi dan kondisi yang aman, tenteram dan damai dalam menghadapi Pemilu 2024.

"Saya mengajak seluruh tokoh masyarakat, agama, adat, tokoh pemuda serta seluruh elemen lain agar bersama mencegah munculnya paham -paham sesat yang dapat mencederai nilai -nilai luhur Pancasila," jelasnya.

Diakhir kesempatan ia mengimbau bahwa peran serta seluruh elemen di Kabupaten Sorong tentunya bisa menjadi peluang besar untuk meminimalkan penyebaran paham radikal dan terorisme.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment