Strategi Berlapis Dalam Mencegah Macet

7 May 2022 - 04:27 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Bakauheni. Salah satu titik macet parah selama arus mudik yang lalu adalah di Pelabuhan Merak. Pemudik yang hendak merayakan lebaran di kampung halamannya di Pulau Sumatra, terpaksa harus berjam-jam untuk bisa masuk pelabuhan, dan menunggu berjam-jam juga untuk bisa naik ke atas kapal fery penyebrangan.

Kondisi itu tentu sama-sama tidak diinginkan terjadi lagi, saat arus balik di Pelabuhan Bakauheni di Lampung. Jumat, (6/5/22).

Beberapa strategi telah disiapkan agar kemacetan di pelabuhan bisa diatasi. Salah satu faktor terpenting adalah penambahan fery dan dermaga untuk penyebrangan. Selain itu, akan ada penerapan contra flow dan one way menuju ke Pelabuhan Bakauheni.

Beberapa rest area dan kantong-kantong parkir juga sudah disiapkan mengantisipasi padatnya pemudik di pelabuhan.

Menurut pengamat media massa, Dr. Rahmat Edi Irawan, S.Pd., M.IKom., sosialisasi perjalanan balik dari Pulau Sumatra masih perlu diintensifkan.

"Beda dengan perjalanan mudik di Pulau Jawa yang sudah tersosialisasi secara massif, perjalanan mudik dari Sumatra belum banyak dibagikan tips-tipsnya. Semoga dalam waktu yang mepet ini, masih bisa dibagikan berbagai informasi terkait perjalanan mudik dari Sumatra, termasuk saat memasuki Pelabuhan Bakauheni" tutup Pengamat Media Masa.

Share this post

Sign in to leave a comment