Selama Januari-Maret 2021, Polri Tangkap Sebanyak 94 Terduga Teroris di Sejumlah Wilayah Indonesia

31 March 2024 - 11:00 WIB
www.tribratanews.com – Jakarta. Sejak Januari 2024 sampai dengan sekarang, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri berhasil menangkap sebanyak 94 terduga teroris di sejumlah wilayah di Indonesia.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri, Kombes. Pol. Dr. Ahmad Ramadhan, S.H., M.H., M.Si.mengatakan bahwa hal ini merupakan bukti bahwa Polri seriusdalam memberantas segala aksi terorisme.

Kabag Penum Divhumas Polri menjelaskan bahwa 94 terduga teroris itu ditangkap di sejumlah wilayah di Tanah Air, yakni Makassar, Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jakarta, Bekasi, Jawa Barat dan Tengerang, Banten.

Pada operasi pencegahan dan penanggulangan terorisme Januari 2024 saja, 20 orang terduga teroris ditangkap di wilayah Makassar.

Selanjutnya, 22 orang ditangkap di wilayah Jawa Timur selama periode Februari-Maret 2021.

Setelah penangkapan 22 terduga teroris di Jawa Timur, Densus 88 Antiteror Polri mengembangkan ke wilayah Sumatera Barat, diamankan 6 terduga, lalu di Sumatera Utara sebanyak 18 orang terduga, termasuk dua terduga di wilayah Jakarta.

Setelah bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar, Densus 88 Antiteror Porli menangkap 7 terduga teroris di Makassar, di Bima NTB bertambah jadi 5 orang.

Penangkapan juga dilakukan di wilayah Condet, Jakarta Timur dan Bekasi, Jawa Barat, ada 4 orang yang diamankan. Lalu ditangkap satu orang terduga teroris di wilayah Cirende, Tangerang Selatan.

"Dari 94 orang terduga teroris yang kita tangkap, 90 orang terafiliasi dengan jaringan JAD dan Jamaah Islamiah," jelas Kabag Penum Divhumas Polri.
Kabag Penum Divhumas Polri mengatakan bahwa untuk 4 terduga teroris yang ditangkap di wilayah hukum Polda Metro Jaya, belum diketahui jaringan kelompoknya

Dia menambahkan penangkapan yang dilakukan Densus 88 Anti Teror Mabes Polri sebagai wujud preventif strike atau langkah pencegahan sebelum kejadian.

"Ini adalah wujud dari preventif strike, pencegahan yang dilalukan agar tidak terjadi, dan kita telah melakukan penangkapan-penangkapan tersebut sejak Januari, itu menunjukkan perencanaan-perencanaan (pengeboman) itu bisa saja terjadi," jelas Kabag Penum Divhumas Polri.

Share this post

Sign in to leave a comment