Selama 100 Hari Kapolda Banten Merangkul Semua Potensi Masyarakat Banten

6 April 2024 - 11:57 WIB
www.tribratanews.com - Serang. Kesediaan Kapolda Banten, Irjen Pol. Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugroho, S.H., M.H., M.B.A. menjadi bagian dari sebuah perkumpulan berbasis kultural setempat, pertanda kemauan dan kebesaran jiwa pemimpin yang mau merangkul semua potensi kekuatan masyarakat (Potmas). Dalam kalimat populer kini sering dikatakan: Terbuka bagi semua!




Sikap seperti itu dapat dilihat dari 12 highlight kebijakannya yang ia kemas menjadi “Pendekar” (“Polisi yang Empati Ngayomi dan Dekat dengan Rakyat”). Kemudian, dijabarkan ke dalam pendekatan kemasyarakatan yang ia dan jajaran lakukan secara konkret hampir setiap harinya.



Feedback dari masyarakat sudah sangat terasa untuk Kapolda Banten. Misalnya, berkat partisipasi dan aduan masyarakat, Polda Banten antara lain telah menggulung sekawanan mafia tanah yang bergentayangan di wilayah hukum Polda Banten. Apresiasi pun berdatangan, baik dari Kementerian Agraria maupun institusi yang bergiat di bidang kajian Kepolisian.



“Pendekar” digali dari khasanah kultural Banten, yakni: 1) Ngaji Bareng Kapolda, 2) Rukun Ulama Umaro’, 3) Yuk Ngopi Bareng, 4) Subuhan Keliling, 5) Saba Pesantren, 6) Sowan Sepuh, 7) Ronda Siskamling, 8) Guyub TNI – Polri, 9) Sinergi Tiga Pilar, 10) Warung Jumat, 11) Polisi Sayang Anak Yatim, 12) Penguatan Manajemen Media.



Melalui sosialisasi yang dibarengi aksi nyata, ke-12 highight kebijakan itu kini di Banten sangat populer sebagai “12 Commander Wish”. Peluncurannya dilakukan Rudy segera setelah ia dilantik menjadi Kapolda Banten pada 5 Januari 2021.



Selain menjalankan tugas-tugas pokok Kepolisian, menurut catatan penulis, Kapolda Rudy dan jajarannya setiap hari bergiat melakukan pendekatan berbasis “Pendekar” ke masyarakat. Pertanda kedekatannya disahuti oleh masyarakat, nyaris silih berganti saja antara ia yang mendatangi dan ia yang didatangi. Bila hari ini ia menyambangi, berganti hari ia pula di kantor atau di kediaman yang ganti disambangi. 

Share this post

Sign in to leave a comment