Satgas FPU Indonesia Ditargetkan Capai Peringkat 5 Penyumbang Terbesar Dunia

6 June 2023 - 15:47 WIB
Foto: Dok. Polri

Tribratanews.tribratanews.com - Tangerang Selatan. Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadivhubinter) Polri Irjen. Pol. Krishna Murti membuka kegiatan Assessment and Advisory Visits (AAV) oleh United Nations yang diselenggarakan di Pusat Misi Internasional Polri, Serpong, Tangerang Banten (6/6/23). Kegiatan ini dilaksanakan oleh United Nations dalam rangka asistensi dan memberikan penilaian kepada Polri tentang uji kelayakan Formed Police Unit (FPU) Polri untuk menambah 1 kontingen FPU dalam misi perdamaian PBB yang rencananya akan ditugaskan di Mali, Afrika.

“AAV ini menjadi tonggak penting dalam upaya Polri melalui Divisi Hubungan Internasional untuk meningkatkan peran Polri di kancah internasional, sehingga Indonesia yang saat ini berada di posisi 8 besar negara penyumbang Pasukan Perdamaian Dunia mampu menembus 5 teratas dan semakin di segani di Dunia,” jelas Kadivhubinter, Selasa (6/6/23).

Baca Juga:  Polisi Sebut Pelaku Pembunuhan di Malang Terancam Hukuman Mati

Menurut Kadivhubinter, dalam kegiatan ini dilakukan simulasi kemampuan yang diperagakan oleh FPU Indonesia. Selain itu, dilakukan penilaian oleh United Nations (UN) kepada FPU Indonesia meliputi aspek penyiapan personel (seleksi), Logistik, dan bagaimana Divhubinter Polri mendesain pelatihan sesuai dengan standar.

Seluruhnya itu, ujar Kadivhubinter, akan dijadikan role model pelatihan oleh negara-negara yang menjadi penyumbang pasukan perdamaian dunia untuk diterapkan di negaranya.  

“Kemampuan FPU Indonesia yang ditampilkan antara lain VVIP Protection, Public Order Management (Penanggulangan Huru Hara), Counter Terrorism (lawan teror), Riverine dan  K9 Police. Kemampuan kemampuan tersebut disimulasikan secara apik menjadi satu peragaan secara kolaboratif yang diakhiri dengan ucapan bahwa FPU Indonesia siap untuk diberangkatkan menuju daerah misi PBB,” ungkapnya.

(ay/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment