PUPR Bangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Baru

18 September 2024 - 16:30 WIB
RRI

Tribratanews.tribratanews.com - Nusantara. Menteri PUPR, Dr. Ir. H. Mochamad Basuki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D., mengungkapkan bahwa pihaknya terus membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) baru.

Menteri PUPR, mengatakan, PLBN menjaga kedaulatan negara, mengurangi disparitas, serta memeratakan pembangunan infrastruktur di kawasan perbatasan.

Dalam kesempatannya ia berharap, PLBN ini dapat menjadi embrio pertumbuhan ekonomi masyarakat perbatasan.

"PLBN tidak hanya menjadi kebanggaan Indonesia sebagai bangsa besar, tetapi yang terpenting fungsi pertahanan keamanan," ujarnya, dilansir dari laman RRI, Selasa (17/9/24).

Baca Juga: Direktorat Lalu Lintas Polda NTT Selenggarakan Rakernis 2024 di Kupang

Sementara itu, Dirjen Cipta Karya, Diana Kusumastuti menyebut, ada tujuh PLBN yang telah selesai pada kurun 2019-2024. PLBN Serasan Natuna. PLBN tersebut ada di Napan NTT, Yetetkun Boven Digoel, Jagoi Babang Kalbar, Seinyamuk, Labang, dan Long Nawang Kaltara.

Lima PLBN beroperasi, didukung pelayanan lintas batas negara Imigrasi, Bea Cukai, Karantina Kesehatan, Karantina Pertanian dan Karantina Ikan. "Sementara dua PLBN lainnya, di Kaltara telah selesai dibangun," ujarnya.

Direktur Bina Penataan Bangunan, Ditjen Cipta Karya, Cakra Nagara menjelaskan, pembangunan dilaksanakan melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW). BPPW ini ada di setiap provinsi yang memiliki wilayah perbatasan.

"Adapun jumlah anggaran yang dialokasikan bagi pembangunan lima PLBN yang telah beroperasi sebesar Rp873,05 miliar. Diharapkan masyarakat sekitar menjaga kebersihan di lingkungan PLBN tersebut," jelasnya.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment