Punya Komitmen Kuat Rawat Iklim Demokrasi, Ketum LSPI Apresiasi Langkah Konkrit Kapolri

23 September 2024 - 09:44 WIB
www.tribratanews.com - Jakarta. Ketua Umum Lentera Studi Pemuda Indonesia (LSP Indonesia), Dinal Gusti menyebut Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., memiliki komitmen kuat dalam merawat iklim demokrasi di Indonesia. 
 

Hal tersebut terlihat paska terbitnya Surat Telegram Kapolri yang ditujukan untuk menertibkan dan menyeragamkan sikap aparat Kepolisian di setiap daerah agar lebih humanis dan tidak reaktif dalam bertugas.
 

Menurut Ketum LSPI, terbitnya Surat Telegram Kapolri bernomor : STR/862/IX/PAM.3/2021, pada Rabu malam, tanggal 15 September 2024 adalah jawaban konkrit atas sejumlah insiden yang berkaitan dengan persoalan kebebasan sipil dalam menyampaikan aspirasi. 
 

"Surat Telegram Kapolri itu adalah penegasan sikap Kapolri atas sejumlah insiden yang terjadi antara aparat dengan masyarakat yang sedang menyampaikan aspirasi. Sejumlah poin-poin yang ditekankan dalam ST tersebut menurut kami sangat sesuai dengan semangat Polri Presisi. Kami sepenuhnya mengapresiasi langkah yang dibuat Kapolri," terang Ketum LSPI, dalam keterangannya, Rabu (22/9).
 

Dalam situasi Pandemi ini, Polri dibawah komando Kapolri memainkan peran yang multi. Tak hanya soal urusan menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Polri pun menjadi salah satu aktor penting dalam menanggulangi wabah Covid-19 bersama TNI, BIN, dan Kemenkes.
 

"Kapolri Listyo Sigit Prabowo dilantik Presiden Jokowi dalam situasi bangsa yang sedang menderita karena Pandemi Covid-19. Di pundaknya dibebankan dua tugas besar, yakni : Menjamin Kamtibmas dan Menanggulangi wabah. Dalam situasi Pandemi ini, dua hal ini memiliki korelasi yang begitu kuat," tegasnya.
 

Lanjut Ketum LSPI l, pandemi sangat memberikan dampak pada soal Kamtibmas. Namun sejauh ini dia melihat Kapolri Jenderal Listyo Sigit mampu mengeliminir dampak buruk yang disebabkan hingga ke titik wajarnya.
 

"Kita bisa sedikit merunut beberapa capaian Polri khususnya selama Pandemi ini. Kapolri Sigit mampu menjamin ketersediaan bahan pokok penting (Bapokting) selama pandemi, menertibkan para spekulan masker, obat hingga oksigen, menjaga hutan dari para pembalak liar dan mafia, menangkap bandar narkotika skala besar dan masih banyak lagi. Bagi kami Listyo Sigit sangat profesional. Dia sanggup menjaga komitmen dan konsentrasi di tengah situasi sulit seperti ini," katanya.
 

Di lain kesempatan, Sekjend LSP Indonesia, Deni Wahyudi merespons soal kritik netizen terhadap Presiden dan Kapolri yang dianggap anti kritik pasca insiden mural, penanganan demonstrasi mahasiswa UNS dan Bapak Suroto di Blitar. 
 

"Kami sepenuhnya yakin Presiden dan Kapolri adalah dua pribadi yang sangat terbuka dan mau mendengar. Kalau untuk soal kritik, Presiden Jokowi sendiri mengaku itu adalah soal lumrah. Dan bahkan dirinya mengaku pernah mendapat kritikan yang lebih parah. Begitu juga dengan Kapolri Sigit. Kami sepenuhnya yakin dengan komitmen besarnya dalam program presisi yang disusunnya. Insiden mural dan penanganan demonstran tempo hari memang cukup mengecewakan. Namun kami yakin insiden itu adalah reaksi spontan yang berlebihan dari aparat kepolisian di daerah, dan bukan kehendak Kapolri, apalagi Presiden," jelasnya.
 

Sekjend LSP Indonesia menyebut terbitnya Surat Telegram Kapolri terkait pedoman bersikap aparat kepolisian dalam berhadapan dengan sipil sudah sangat sesuai semangat Polri Presisi. Dia berharap ST Kapolri tersebut mampu diterjemahkan dengan baik oleh jajarannya di setiap daerah.
 

"Kami berharap seluruh sikap petugas di lapangan selalu tegak lurus dan presisi dengan intruksi Kapolri. Polri yang humanis, tegas dan demokratis adalah harapan kita semua. Semoga hal-hal lalu tak mengulang di kemudian hari. Namun bila terulang kembali, kami meminta Kapolri untuk memberikan sanksi tegas pada personel yang tidak patuh dengan Surat Telegram Kapolri tersebut. Sebagai generasi muda, kami bertangung jawab untuk terus memantau dan mengawal program dan kebijakan Kapolri Sigit demi mewujudkan Polri Presisi," pungkasnya. 

Share this post

Sign in to leave a comment