Program Kasuari, Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz Berikan Edukasi dan Pelatihan bagi Warga di Yahukimo

28 April 2022 - 00:05 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Dekai. Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz AKBP Yamin Dian Prihartono, S.I.K berikan Edukasi dan pelatihan cara merawat ternak dan pengolahan Pakan hewan ternak Babi bertempat di Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, Selasa (26/04).

Pelatihan yang diberikan Wakasatgas Binmas tersebut didampingi drh. Rafael Heri Nugroho (dokter Hewan), dengan sasaran warga binaan Kepala Suku Yali-Anggruk Bapak Isak Salak beserta keluarganya.

dalam kesempatan tersebut, dokter Hewan drh. Rafael menjelaskan kepada bapak Isak untuk pemberin makan ternak babi.

"Ternak hewan babi, kiranya diberikan makanan 2 kali sehari, yakni pagi dan sore, yang mana babi dalam masa pertumbuhan setelah dipisah dari induk, sebelum menginjak dewasa harus rutin diberi makan minimal 2 kali sehari dan disediakan tempat minum seperti ember dengan diisi air bersih," Jelas drh. Rafael.

Lanjut drh. Rafael, Babi baru atau Lokal, tidak harus pakaai kandang permanen (Semen) yang penting kandang kuat, boleh memakai papan kayu yang kokoh, dimana Papan kayu dengan kelebihan kandang mudah dibersihkan.

Setelah diberikan pemahaman, bapak Isak bersama keluarga diberi pelatihan pembuatan makanan ternak, dengan memasak/ mengolah dan mencampur makanan ternak dengan bahan yang ada di alam.

Wakasatgas Binmas dalam kesempatan yang sama menyampaikan dengan pemberian pelatihan ini, masyarakat mendapat manfaat dan peternakan Babi nanti dapat berkembang dengan baik.

"Edukasi cara membuat makan dan memberikan pakan rutin ke ternak babi yang baik, dapat mempercepat pertumbuhan babi sehingga nanti saat di jual bisa mendapat harga yang sesuai denan keinginan Bapak Isak dan keluarga," ucapnya.

Ia juga menyampaikan, satgas Binmas dalam memberikan pelatihan ini di bantu oleh Dinas Peternakan dan pangan Provinsi Papua, dalam hal ini dokter Hewan drh. Rafael Heri Nugroho.

Wakasatgas juga berharap, masyarakat setelah mendapatkan edukasi ini dapat menerapkan cara pengolahan yang baik sehingga ternak babi dapat tumbuh optimal.


Share this post

Sign in to leave a comment