Presiden Jokowi Targetkan Bandara IKN Beroperasi pada Desember 2024

1 November 2023 - 12:30 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Presiden RI Joko Widodo menargetkan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) beroperasi penuh pada 2024.

"Hari ini kita segera akan melakukan 'groundbreaking' pembangunan Bandar Udara Ibu Kota Nusantara (IKN) yang ditargetkan akan beroperasi penuh pada Desember 2024," ujar Presiden Jokowi, lewat keterangan video dari Jakarta, Rabu (1/11/23).

Presiden Jokowi menjelaskan, pembangunan Bandara IKN ditargetkan selesai dan sudah dapat digunakan pada Juni 2024. Namun, untuk resmi operasional, ditargetkan pada Desember 2024.

Menurut Presiden, kehadiran Bandara IKN sangat penting seiring dengan padatnya kegiatan dan mobilitas orang, begitu juga barang dari dan menuju IKN.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Siapkan Langkah Antisipasi Pengaruh Politik Terhadap Perekonomian Nasional

Ia mengatakan Bandara IKN dibangun khusus untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN dan mendukung konektivitas di IKN.

Dengan total luas 347 hektare dan "runway" sepanjang 3.000 x 45 meter, Bandara IKN dapat melayani pesawat berbadan lebar (wide body).

Presiden Jokowi juga menyebutkan Bandara IKN dilengkapi terminal seluas 7.530 meter persegi, sehingga penumpang dapat dilayani dengan nyaman dan baik.

"Bandara ini akan membuat kawasan IKN makin terbuka, konektivitas makin baik dan juga makin mudah dijangkau dari mana pun," harap Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, ia meyakini Bandara IKN dapat meningkatkan daya saing, mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendorong pengembangan potensi di daerah dan mengakselerasi pembangunan IKN yang sedang dalam proses.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment