Prakiraan Cuaca Hari Ini Untuk Beberapa Wilayah di Indonesia

12 May 2024 - 12:00 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakiraan cuaca di beberapa wilayah Indonesia, sebagian wilayah ibu kota provinsi akan diguyur hujan intensitas ringan pada hari, Minggu (12/5/24).

Dilansir dari beritasatu, provinsi yang berpotensi hujan ringan pada siang hari ini yakni, Yogyakarta, Gorontalo, Jambi, Samarinda, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandarlampung, Ambon, Mataram, Kota Jayapura, Manokwari, Mamuju, Makassar, Kendari, Padang, dan Medan.

Sementara untuk Kota Bandung diprediksi hujan sedang siang hari ini.

BMKG juga memperingatkan masyarakat agar waspada hujan disertai petir yang berpotensi terjadi di Kota Banda Aceh, Pontianak, Banjarmasin, Palembang, serta Kota Mamuju.
Sementara itu, beberapa wilayah diprediksi cuaca berawan seperti, Kota Manado, Ternate, dan Palangkaraya.

Baca Juga: Citarum Harum Dibawa ke World Water Forum ke-10

Wilayah Denpasar, Serang, Bengkulu, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Kupang diprediksi cerah berawan.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengungkapkan potensi terjadinya cuaca ekstrem yang dapat berujung bencana di sebagian besar daerah hingga sepekan ke depan yang dipicu akibat adanya bibit siklon tropis.

Ada tiga bibit siklon tropis 91S, 94S, dan 93P termonitor berada di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia yang menunjukkan pengaruh terhadap wilayah Indonesia bagian selatan.

Selain itu, BMKG juga memprediksi sebagian besar wilayah pesisir Indonesia akan mengalami gelombang tinggi.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari barat laut ke timur laut dengan kecepatan angin berkisar 6-15 knot.

Angin di wilayah selatan Indonesia umumnya bergerak dari timur ke tenggara dengan kecepatan angin berkisar 6-25 knot.

(ek/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment