Perkuat Kerja Sama, Presiden Jokowi Harap Indonesia-Jerman Lebih Erat

18 April 2023 - 10:30 WIB
Foto: rri.co.id

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Presiden RI Ir. H. Joko Widodo berharap, kerja sama Indonesia-Jerman dapat terjalin lebih erat lagi dengan adanya Business Summit. Presiden menegaskan bahwa kerja sama kedua negara telah terjalin sejak abad Ke-18 dan masing-masing telah menjadi saksi dari kemajuan bersama.

"Ini merupakan wajah kemitraan yang baik antara Utara-Selatan yang setara. Saling menghormati dan saling menguntungkan. Kedua adalah transisi energi yang merupakan komitmen Indonesia untuk mewujudkan dunia yang lebih baik. Potensi energi baru terbarukan Indonesia amat besar, yaitu 434 ribu megawatt," ungkap Presiden pada Senin (17/4/23).

Baca Juga:  Polda Metro Jaya Prediksi Peningkatan Arus Mudik Mulai Tanggal 18-21 April 2023

Preseden Jokowi mengatakan sebagai Official Partner Country, maka ada tiga hal yang menjadi prioritas Indonesia. Pertama, ada hilirisasi industri untuk meningkatkan added values, menjaga sustainability dan membuka lapangan pekerjaan.

"Kami butuh dukungan terkait pembiayaan inovatif, transfer teknologi tinggi dan reskilling tenaga kerja. Ketiga adalah pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang akan menjadi “a smart and sustainable forest city", jelasnya seperti dikutip dari rri.co.id Selasa (18/4/23)

Hannover Messe 2023 berlangsung pada 17–21 April di Pusat Pameran Hannover, Niedersachsen, Jerman. Ini menjadi ajang bagi Indonesia untuk mengajak para investor asing untuk datang dan berinvestasi di banyak sektor. Presiden turut meyakinkan mereka bahwa Indonesia adalah “a safe and stable prospective destination for your business”. Tahun ini, Indonesia mencetak prestasi sebagai negara ASEAN pertama yang berpartisipasi sebagai Official Partner Country untuk ketiga kalinya. 

(rz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment