Polisi Terjunkan Tim DVI Identifikasi Korban Bencana di Humbahas

5 December 2023 - 09:50 WIB
Antaranews

Tribratanews.tribratanews.com – Medan. Kepolisian Daerah Sumatera Utara kirim tim Disaster Victim Identification (DVI) guna mengidentifikasi korban terdampak bencana banjir bandang dan longsor di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

"Tim yang berangkat dipimpin Iptu dr Edgar SpF dan empat orang lainnya terdiri dari fase DVI, olah TKP, antemortem, postmortem, dan rekonsiliasi," ujar Kabid Humas Polda Sumut, Kombes. Pol. Hadi Wahyudi, S.I.K., S.H., dilansir dari Antaranews, Senin (04/12/23).

Kabid Humas Polda Sumut, menjelaskan Tim DVI Polda Sumut berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Humbang Hasundutan untuk mengidentifikasi para korban di Puskesmas Bakarra. Selain itu pihaknya juga mendirikan posko DVI.

Baca Juga: Pemerintah Kaji Rencana Pendirian Dana Kepariwisataan Indonesia

"Polda Sumut juga membuat kamar jenazah serta mempersiapkan alat-alat untuk identifikasi antemortem dan postmortem," jelasnya.

Dalam kesempatannya ia menerangkan, Polda Sumut bersama Polres Humbahas, TNI, SAR, dan pemerintah daerah hingga berita ini diturunkan telah mengevakuasi dua korban longsor Dusun III, Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan, yang berhasil ditemukan.

Kedua korban longsor yang ditemukan itu bernama Diana Sinaga warga Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja mengalami luka-luka dan Dian Lubis warga Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba, meninggal dunia.

"Sampai saat ini, personel Polda Sumut, Polres Humbahas, TNI, SAR, bersama pemerintah daerah masih terus bekerja melakukan pencarian para korban," ujarnya.

Sebelumnya, Polda Sumut juga menerjunkan unit K9 atau anjing pelacak untuk membantu personel di lapangan mencari korban hilang karena musibah longsor.

Kombes. Pol. Hadi Wahyudi, mengungkapkan bahwa anjing pelacak itu diharapkan dapat membantu kerja tim di lapangan dalam pencarian di daerah bencana tersebut.

"Ditambah, Polda Sumut juga menurunkan alat berat ke lokasi bencana untuk membantu evakuasi," ujarnya.

Sebagai informasi, sebelumnya, banjir bandang dan longsor melanda Desa Simangulampe, Bakti Raja, Kabupaten Humbang Husundutan, pada Jumat malam (1/12), sekitar pukul 21.30 WIB.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment