Polisi Musnahkan Penemuan Granat Nanas di Sawahlanto

23 November 2023 - 12:30 WIB
Kabarsumbar

Tribratanews.tribratanews.com - Sumbar. Kepala Kepolisian Resor Sawahlunto, Polda Sumbar, Akbp Purwanto Hari Subekti, S.Sos., memimpin aksi pemusnahan granat nanas yang sebelumnya ditemukan di Dusun Sungai Loban Desa Muaro Kalaban Kecamatan Silungkang Kota Sawahlunto.

Aksi pemusnahan ini dilakukan oleh Tim Jihandak Gegana Polda Sumbar Unit II Subden I Gegana Brimob Polda Sumbar di Lapangan tembak belakang Mako Polres Sawahlunto.

Dalam kesempatannya ia mengungkapkan granat nanas tersebut pertama kali ditemukan oleh Lazuardi, seorang warga, pada Selasa (21/11/2023) sekitar pukul 11.00 WIB. Lazuardi menemukan benda tersebut saat sedang buang air besar di lurah ceret Dusun Sungai Loban Desa Muaro Kalaban.

Baca Juga: Bapanas Pastikan Stok Jagung Nasional Aman hingga Desember 2023

Selanjutnya ia menemukan granat nanas, ia segera membawanya pulang dan memberitahu mertuanya. Sang mertua kemudian menghubungi Polsek Muaro Kalaban.

“Setelah menerima laporan, personel Polsek Muaro Kalaban segera mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan mengamankan granat nanas tersebut di halaman rumah Lazuardi,” ujarnya, dilansir Kabarsumbar, Rabu (22/11/23).

Pihak kepolisian kemudian langsung memasang garis polisi di sekitar lokasi. Kapolres kemudian menghubungi Komandan Brimob Polda Sumbar untuk meminta bantuan Tim Jihandak.

Tim Jihandak tiba di TKP pada Selasa malam dan berhasil mengevakuasi granat nanas tersebut ke Mako Polres Sawahlunto untuk diamankan. Proses pemusnahan granat nanas dilakukan dengan cara diledakkan.

Diakhir kesempatan ia memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak menyentuh benda yang menyerupai bom atau granat apabila menemukannya. Ia menekankan pentingnya segera melaporkan kepada pihak kepolisian terdekat.

“Jangan menyentuh sesuatu yang mirip bom atau granat sebelum aparat berwenang melakukan pemeriksaan dan mendatangi lokasi dimana benda itu ditemukan karena rawan meledak,” tutupnya.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment