Polisi Imbau Masyarakat Agar Mewaspadai Hoax Pascapemungutan Suara Pemilu 2024 di Jateng

16 February 2024 - 16:00 WIB
Suaramerdeka

Tribratanews.tribratanews.com - Semarang. Kepolisian Daerah Jawa Tengah mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai hoax pascapemungutan suara Pemilu 2024.

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes. Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto, S.I.K., M.Si., menyatakan ada sejumlah konten hoax yang kerap muncul saat Pemilu.

Selanjutnya ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah untuk menelan mentah-mentah segala informasi yang diterima, baik dari media sosial maupun melalui pesan berantai.

Dalam keterangannya, Kabid Humas meminta agar dilakukan cek, ricek dan kroscek terhadap informasi yang didapatkan dan teruji validitasnya sebelum disebarluaskan.

Baca Juga: Dir Ditintelkam Polda Kepri Kunjungi Personel Yang Tidak Sadarkan Diri Saat Pengamanan TPS Pemilu 2024

"Di masa seperti ini banyak konten hoax yang harus kita waspadai bersama, diimbau agar masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh berita hoax yang belum teruji kebenarannya," ujarnya, dilansir dari Suaramerdeka, Jumat (16/02/24).

Selanjutnya ia juga menambahkan jika ada konten yang bernarasi ketidakpuasan terkait pelaksana pemilu, ada mekanisme yang telah diatur mengenai hal itu.

Misal berkaitan dengan pelanggaran maupun dugaan adanya kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu bisa dilaporkan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) maupun melalui saluran yang telah disediakan oleh Negara.

"Kami imbau masyarakat tetap tenang, jangan mudah terprovokasi oleh konten konten hoax yang belum tentu benar, bila ada permasalahan silahkan di tempuh mekanisme yang sudah di tentukan," tutupnya.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment