Polda Sulut Apel Pasukan Operasi Lilin Samrat 2021, Dalam Rangka Pengamanan Nataru

23 December 2024 - 20:38 WIB
www.tribratanews.com - Manado. Guna memantapkan pengamanan Natal 2024 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Polda Sulut melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Samrat 2021, Kamis (23/12/21) pagi, di lapangan SPN Polda Sulut, Karombasan, Manado.

Kabid Humas Polda Sulut, Kombes Pol Jules Abraham Abast, S.I.K, menjelaskan jika 6.008 personel itu berasal dari Satgas Polda Sulut sebanyak 1.900 anggota, dan satgas Polresta dan Polres Jajaran sebanyak 4.108 anggota.

"Adapun titik pengamanan antara lain di gereja, terminal, pelabuhan, bandara, pusat perbelanjaan, obyek wisata, dan obyek pergantian tahun,” ujar Kabid Humas Polda Sulut.

Sementara itu, Kamis (23/12) pagi, bertempat di lapangan SPN Karombasan, Polda Sulut di Manado, telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Samrat 2021. Apel dipimpin Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, dan dihadiri Kapolda Sulut, bersama Pimpinan Forkopimda Sulut, dengan peserta apel adalah personel TNI, Polri, unsur Pemerintah Daerah, serta instansi terkait.

Gubernur Sulut, yang membacakan sambutan Kapolri, jika apel itu sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2024 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru), baik aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait.

“Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung meremehkan dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi COVID-19 saat ini. Kita harus lebih peduli, jangan sampai kegiatan perayaan Nataru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran COVID-19,” kata Gubernur Sulut sesuai amanat Kapolri.

Kapolri dalam amanat tersebut juga menekankan beberapa hal yang harus dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas.

"Persiapkan mental dan fisik serta kesehatan, lakukan deteksi dini, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, lakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, mantapkan kerjasama dan sinergi, serta tetap menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat," ujar Gubernur Sulut.

Diketahui, Operasi Lilin dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia selama 10 hari, mulai 24 Desember 2024 hingga 2 Januari 2022 mendatang.

Share this post

Sign in to leave a comment