Polda Metro Jaya Terus Laksanakan Kampanye Protokol Kesehatan

24 August 2020 - 12:25 WIB
www.tribratanews.com – Jakarta. Kepolisian Daerah Metro Jaya bekerjasama dengan Kodam Jaya, mengampanyekan protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan terkait menekan penyebaran Covid-19, di Ibu Kota Jakarta. Pekan ini, aparat meningkatkan sosialisasi, imbauan dan edukasi soal pakai masker.  

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Nana Sudjana mengatakan, perkembangan kondisi penularan Covid-19 masih cukup tinggi di wilayah hukum Polda Metro Jaya, khususnya DKI Jakarta. Presiden RI telah menginstruksikan tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum terkait protokol kesehatan kepada Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Polda Metro Jaya, Kodam Jaya dan Pemda telah melakukan pengawasan, pendisiplinan hingga penegakan hukum terkait protokol kesehatan.  

Hal tersebut sesuai dengan Intruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.  

TNI, Polri dan Pemda menjadwalkan mengkampanyekan pemakaian masker pada bulan Agustus, sementara September kampanye mencuci tangan dan Oktober soal Jaga Jarak.  

"Langkah yang sudah kami lakukan selama ini kita akan memasifkan kembali imbauan, sosialisasi, edukasi terhadap protokol kesehatan. Kita TNI, Polri dan Pemda terus memploting anggota ke sentra keramaian seperti pasar, terminal dan stasiun dan beberapa lokasi lainnya. Termasuk hari ini kita berada di Bundaran HI, bersama Pangdam, dan pejabat utama Polda Metro beserta kurang lebih 600 anggota yaitu, dalam rangka mengampanyekan penggunaan masker. Kegiatan ini perbulan akan kita lakukan. Dan hari ini kita TNI, Polri dan Pemda melakukan kampanye pengunaan masker. Tentu harapannya masyarakat menggunakan masker sehingga terhindar dari penularan Covid-19. Apalagi ditambah mencuci tangan dan jaga jarak. Jadi ini tujuan kami mengimbau kepada masyarakat untuk sadar dan menyadari meningkatkan disiplin kesadaran pelaksaan protokol kesehatan dengan melakukan 3 M (Menjaga Jarak, Memakai Masker dan Mencuci Tangan)," jelas Kapolda Metro Jaya.  

Selain mengawasi protokol kesehatan, Polri juga akan tetap fokus menjamin keamanan masyarakat. Selain penggunaan masker atau protokol kesehatan, TNI-Polri juga mengawasi pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.  

Selain mengkampanyekan pemakaian masker dan membagikan 5.000 masker, Polda Metro Jaya juga melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan menggunakan enam kendaraan Armoured Water Canon (AWC), di jalur GBK, Jalan Jenderal Sudirman, Bundaran HI, Jalan MH Thamrin, hingga Kota Tua.  

"Penyemprotan disinfektan menggunakan enam mobil AWC, kegiatan penguatan pengawasan pendisiplinan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 melalui kegiatan patroli dialogis sepeda, pengaturan, imbauan protokol kesehatan, dan pembagian masker sebanyak 5.000 lembar," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya.  

(fb/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment