Kapolda Kalsel Peringati Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan Ke-70

15 August 2020 - 09:00 WIB
www.tribratanews.com – Banjarmasin. Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan, Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H., menghadiri peringatan Hari Jadi ke-70 Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020,  yang digelar di Mahligai Pancasila Kota Banjarmasin, Kalsel.  

Acara peringatan Hari Jadi Provinsi Kalsel tahun 2020 dipimpin langsung oleh Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor dengan dihadiri Ketua DPRD Provinsi Kalsel, Kapolda Kalsel, Danrem 101/Antasari, Danlanal Banjarmasin, Danlanud Syamsudin Noor, Ketua Pengadilan Tinggi Kalsel, Kabinda Kalsel, Ka BNNP Kalsel, LO BNPB Provinsi Kalsel serta Forkopimda Kalsel lainnya.  

Gubernur berharap Momentum peringatan hari jadi Provinsi Kalsel ini, dapat mempererat kebersamaan, meningkatkan rasa persaudaraan, sekaligus memantapkan tekad untuk mewujudkan Banua yang lebih mapan di masa depan.  

Gurbernur juga mengingatkan suasana peringatan tahun ini, berbeda dengan peringatan hari jadi di tahun-tahun sebelumnya. Sebab Pandemi Covid-19 telah membatasi seluruh warga masyarakat untuk memeriahkan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan yang ke-70.  

Makna peringatan hari jadi tersebut tetap bisa dirasakan karena inilah momentum sejarah, yang memang sepatutnya di kenang, direnungkan dan dihayati secara mendalam, yang kemudian menjadi inspirasi untuk terus bergerak maju dalam membangun Provinsi Kalimantan Selatan yang mandiri dan terdepan, diseluruh sektor pembangunan.  

Untuk diketahui, berdirinya Kalimantan Selatan, sebagai satu dari sepuluh Provinsi di Indonesia, menjadi kebanggaan bagi kita semua. Sebab saat itu, tanggal 14 Agustus tahun 1950, Pemerintah Republik Indonesia, menetapkan Provinsi Kalimantan Selatan dari 10 Provinsi di Indonesia sebagai Provinsi tertua di Pulau Kalimantan, maka daripada itu, sudah selayaknya menjadi yang mandiri dan terdepan, baik dalam penyelenggaraan Pemerintahan maupun pembangunan.  

Saat ini, Pemerintah Provinsi bersama Kabupaten/Kota, terus melakukan berbagai upaya untuk menangani Pandemi Covid-19. Pemerintah Provinsi telah mengalokasikan anggaran yang cukup besar, agar penanganan Virus Corona atau Covid-19 bisa maksimal.  

Provinsi Kalimantan Selatan bersama instansi terkait akan melaksanakan kegiatan ”PKK Gebrak Masker” yaitu gerakan bersama memakai masker, dimana direncanakan akan dibagikan sejuta masker kepada masyarakat,” ucap Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel.

Harapannya adalah, seluruh elemen masyarakat juga terlibat aktif untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, dengan mematuhi protokol kesehatan, seperti disiplin memakai masker, disiplin cuci tangan, serta disiplin jaga jarak antar orang.  

Sementara itu Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. pada kesempatan tersebut mengucapkan selamat ulang tahun untuk Provinsi Kalsel yang ke-70, sembari berharap agar masyarakat bisa selalu bergandengan tangan dengan Polri untuk terus menjaga stabilitas keamanan di Kalsel khususnya disaat situasi Pandemi Covid-19. “Mari kita terus jaga kondusifitas kerukunan dan kedamaian di daerah, mari bersama-sama kita jadikan Kalsel sebagai daerah yang maju dan sejahtera, dengan prestasi hebat, sambil terus membudayakan nilai-nilai Pancasila dalam keseharian kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkas Kapolda Kalsel.  

(fb/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment