Polda Metro Jaya Siapkan Posko Swab Antigen untuk Cegah Klaster Mudik

19 May 2024 - 09:26 WIB
www.tribratanews.com - Jakarta. Polda Metro Jaya telah menyiapkan 14 posko swab antigen bagi warga yang kembali ke Jakarta untuk mencegah adanya klaster mudik. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus mengatakan, pemeriksaan swab antigen tersebut akan dilakukan secara acak di pos penyekatan hingga 24 Mei 2021.



"Hari ini adalah berakhir dari Operasi Ketupat, tetapi melihat situasional yang ada jadi perintah dari Kapolda langsung, anggota terus berlanjut sampai tanggal 24 (Mei) di 14 titik penyekatan," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya.



Sebelumnya, telah ada 12 titik pos pemeriksaan pemudik yang telah disiapkan oleh Polda Metro Jaya. Ke-12 titik itu tersebar mulai dari jalan tol hingga terminal. Mulai hari ini ada dua titik lagi yang ditambah Polda Metro Jaya untuk melalukan pemeriksaan kepada pemudik ke Jakarta. Dua titik itu berada di pelabuhan dan terminal.
"Kemarin 12 ditambah 2 lagi ada penambahan Pelabuhan Tanjung Priok dan Terminal Kampung Rambutan. Jadi ada 14 titik penyekatan sekarang," jelasnya.



Di pos pemeriksaan itu nantinya petugas akan memeriksa surat bebas COvid-19 oleh para pemudik. Jika tidak membawa surat tersebut, petugas akan melakukan random rapid antigen kepada pemudik. Bagi pemudik yang dinyatakan reaktif, petugas akan membawa pemudik tersebut ke Rumah Sakit Darurat Covid Wisma Atlet untuk dilakukan tes PCR serta isolasi mandiri.




Sementara itu, bagi pemudik yang dinyatakan nonreaktif, petugas akan menempelkan stiker ke kendaraan pemudik tersebut. Stiker itu nantinya menjadi tanda jika pemudik telah lolos dari pos pemeriksaan dan dinyatakan bebas dari virus Corona
"Jadi pulang ke sini jangan membawa penyakit, Jakarta ini sudah paling rendah (angka penyebaran COVID) dan jangan ditambah lagi," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya.



Berikut ini sebaran 14 titik pos pemeriksaan Polda Metro Jaya saat arus balik Lebaran 2021:

Jalan Tol:

Tol Jakarta-Cikampek Km 34b arah Jakarta

Terminal: 3 Lokasi

Kalideres
Pulogebang
Kampung Rambutan


Pelabuhan:

Tanjung Priok


Jalur Arteri:

Tangerang Kota: Jatiuwung Kebon Nanas dan Batuceper

Kabupaten Bekasi: Kedungwaringin

Depok: Jalan Raya Parung Ciputat Bojongsari dan Jalan Raya Bogor

Bekasi Kota: Tomang dan Sasak Jarang

Tangerang Selatan: Jalan Gatot Subroto-Bitung.

Share this post

Sign in to leave a comment