Polda Metro Jaya Memprediksikan Arus Mudik Lebaran Dimulai Hari Ini

5 April 2024 - 17:00 WIB
disway

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Polda Metro Jaya memprediksi arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah mulai hari ini, Jumat (5/4/24) diperkirakan sudah terjadi pergerakan mudik ke luar Jabodetabek khususnya wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Diperkirakan pada setelah salat Jumat ini diperkirakan pergerakan ke arah timur khususnya sudah mengalami peningkatan," jelas Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Latif Usman, dilansir dari jawapos.

Pengamanan mudik pun sudah mulai diberlakukan oleh petugas. Mulai siang ini, kendaraan sumbu 3 ke atas pun akan dilarang melintas di ruas tol.

"Untuk di Jakarta ini yang akan menjadi perhatian memang selama ini Cikunir menjadi titik simpul daripada mudik," tambahnya.
Baca Juga: Kapolda Sulbar Cek Kesiapan Personel Pos Pengaman Ops Ketupat Marano 2024


Namun, kini Tol Cimanggis-Cibitung akan dioperasionalkan secara fungsional. Jalur ini bisa dilewati pada pukul 06.00 -17.00 WIB.

Oleh karena itu, pemudik dari arah Bogor, Depok, dan Cibubur, diimbau menggunakan jalur ini. Sehingga lalu lintas tidak terpusat di Gerbang Tom Cikunir.

"Biasanya kan dari Bogor, Depok melalui Cikunir kan melewati Jakarta lagi, nah sekarang dia lagi memotong sekitar hampir 40-50an kilometer," tuturnya.

Polda Metro Jaya sendiri memprediksi jumlah pemudik akan terus meningkat hingga malam hari. Puncaknya terjadi pada Sabtu-Minggu besok.
(es/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment