Polda Lampung Duga Limbah Aspal di Pesisir Lampung Berasal Dari Kapal Corporate

14 September 2024 - 16:58 WIB

www.tribratanews.com – Bandar Lampung. Badan Reserse Kriminal Polri (Bareskrim Polri) mendukung Polda Lampung melakukan penyelidikan terhadap adanya limbah aspal di pesisir Lampung.

Dirkrimsus Polda Lampung, Kombes Pol. Ari Rachman Nafarin, S.I.K., mengatakan Mabes Polri membantu penyelidikan dalam mengungkap pelaku limbah itu.

Kombes Pol. Ari Rachman Nafarin, S.I.K., mengatakan bahwa limbah yang mencemari pesisir pantai di beberapa kabupaten di Provinsi Lampung berasal dari Kapal Coorporate.

"Limbah itu sepertinya bukan dari darat tapi dari kapal, dan ada dugaan limbah ini sengaja dibuang oleh salah satu kapal yang melintas," katanya, Senin (23/9/21).

"Karena kita lihat dari sebaran nya itu sangat luas, dari pantai Kota Agung, Tanggamus sampai Lampung Selatan, Jadi tidak mungkin dari pabrik atau apa yang dari darat, Yang pasti dari kapal yang lewat," lanjut Kombes Pol. Ari Rachman Nafarin, S.I.K.

Terkait hal tersebut, Polda Lampung meminta bantuan dari Syahbandar untuk melakukan pengecekan data kapal yang melintas di wilayah pesisir Lampung.

"Hari ini berkoordinasi Bareskrim dan Syahbandar Lampung untuk pantau kapal-kapal yang keluar masuk kampung selama 7 hari kebelakang," jelas Dirkrimsus Polda Lampung, Kombes Pol. Ari Rachman Nafarin, S.I.K.

sampai saat ini pihaknya belum menemukan titik terang terkait sumber limbah dan titik dimana limbah tersebut tumpah, atas dasar itu pihaknya akan memperluas area pemantauan sehingga pihaknya perlu bantuan dari Syahbandar dan Bareskrim Mabes Polri.

Disinggung terkait pengambilan Sampel limbah tersebut, Arie menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan pengambilan Sampel bersama Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung, namun hasilnya belum diketahui saat ini.

Share this post

Sign in to leave a comment