Polda Kalsel Bangun Gedung Laboratorium Forensik Untuk Tingkatkan Pelayanan Forensik Pada Masyarakat

27 July 2024 - 09:32 WIB
antaranews

Tribratanews.tribratanews.com - Banjarmasin. Polda Kalsel memulai pembangunan gedung laboratorium forensik (labfor) guna upaya meningkatkan layanan bidang forensik kepolisian kepada masyarakat.

"Gedung Labfor ini nantinya dilengkapi berbagai peralatan canggih dan modern untuk menunjang berbagai kegiatan forensik mulai analisis DNA, identifikasi sidik jari, hingga investigasi digital," jelas Kapolda Kalsel, Irjen. Pol. Winarto, S.H., M.H., Jumat (26/7/24).

Kapolda Kalsel sebut pembangunan gedung labfor merupakan bagian dari upaya Polda Kalsel untuk terus berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi dalam penegakan hukum.

Baca Juga: Cegah Radikalisme, BNPT: Pemerintahan Desa Harus Tanggap Terhadap Aktivitas Masyarakat

Diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam penanganan kasus-kasus kriminal di wilayah Kalimantan Selatan, serta memperkuat sinergi antara kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Irjen. Pol. Winarto, S.H., M.H., mengajak seluruh pihak yang terlibat untuk bekerja sama dan mendukung kelancaran pembangunan gedung tersebut.

"Saya berharap proyek ini bisa selesai tepat waktu dan tepat mutu sesuai anggaran yang ada," tambahnya, dilansir dari antaranews.

Selama ini kasus yang ditangani Polda Kalsel dan polres jajaran perlu pembuktian uji forensik yang dikirim ke Labfor Mabes Polri cabang Surabaya. Mengingat harus dikirim ke Surabaya maka perlu proses dan waktu yang cukup lama menunggu hasilnya.

(ek/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment