Cegah Radikalisme, BNPT: Pemerintahan Desa Harus Tanggap Terhadap Aktivitas Masyarakat

26 July 2024 - 19:30 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI mengatakan tiga pilar pemerintahan desa dan kelurahan (bintara pembina desa/babinsa, bhayangkara pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat/bhabinkamtibmas, serta kepala desa/lurah) harus peka dan tanggap terhadap aktivitas dan perubahan perilaku masyarakatnya.

Menurut Direktur Pembinaan Kemampuan BNPT Brigjen Pol. Wawan Ridwan, modus penyebaran paham radikal terus berkembang dan menyasar kelompok rentan seperti perempuan, anak-anak, dan remaja.

"Penyebaran paham radikal terorisme saat ini sangat berkembang sehingga mereka harus diberikan pengetahuan agar lebih memiliki kemampuan dalam mencegah dan mendeteksi kemungkinan penyebaran yang terjadi di wilayahnya masing-masing," jelas Direktur Wawan, Jumat (26/7/24). 

Baca Juga: Jalin Kedekatan Dengan Masyarakat, Polda Kaltara Gelar Jumat Curhat

Maka dari itu, BNPT RI tengah rutin menyelenggarakan pelatihan bagi tiga pilar pemerintahan desa/kelurahan sebagai upaya memperkuat keamanan nasional serta mencegah radikalisme dan terorisme. Salah satunya, di Surabaya dan sekitarnya.

Berdasarkan Indeks Risiko Terorisme (IRT) yang cukup tinggi di Jawa Timur, pelatihan tersebut tidak hanya untuk meningkatkan kapabilitas individu tiga pilar tersebut saja, tetapi juga memperkuat koordinasi dan kolaborasi antara tiga pilar dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Ia menekankan bahwa tugas penanggulangan terorisme harus secara bersama sehingga pencegahan di tengah masyarakat dapat terlaksana secara optimal.

"Tugas penanggulangan terorisme tidak mungkin bisa oleh satu lembaga saja. Oleh karena itu, harus bersama-sama untuk mencegahnya," ujar Direktur Wawan.

Pelatihan yang digelar BNPT RI itu mencakup berbagai materi penting, mulai dari pemahaman dasar mengenai radikalisme dan terorisme, teknik-teknik deteksi dini, hingga strategi pencegahan yang efektif.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment