Polda Kalsel Antisipasi Aksi Teror dengan Memperketat Pengamanan Terutama di Tempat Ibadah

3 April 2024 - 14:50 WIB
www.tribratanews.com – Banjarmasin. Polda Kalimantan Selatan (Kalsel), meningkatkan dan memperketat pengamanan di markas komando dari tingkat Polda, Polres dan Polsek jajaran. Termasuk, objek vital serta tempat ibadah, khususnya gereja yang melaksanakan ibadah Jumat Agung, Jumat (2/4/2021) hingga Paskah, Minggu (4/4/2021) mendatang. Peningkatan pengamanan merupakan respon atas aksi bom Makassar dan serangan Mabes Polri Jakarta.

Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Pol. Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum., melalui Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Pol. Mochamad Rifa’i, mengatakan, pengamanan sejumlah rumah ibadah menjadi perhatian khusus dan serius demi terciptanya situasi Kalsel yang aman dan kondusif.

"Pengamanan telah kami tingkatkan di sejumah gereja dan tempat ibadah, maupun tempat-tempat vital lainnya, supaya tidak ada celah untuk berbuat aksi yang dapat meresahkan dan mengganggu situasi Kamtibmas," tegas Kabid Humas Polda Kalsel, Sabtu (3/4/2021).

Tim Gegana dan Jibom Polda Kalsel melaksanakan sterilisasi di dalam maupun lingkungan gereja untuk memberikan rasa aman bagi umat yang akan melaksanakan ibadah. Selain itu, personel pengamanan juga melakukan patroli serta razia gabungan dengan TNI, di seluruh wilayah Kalimantan Selatan.

"Kehadiran kita bukan semata-mata sebagai tugas pokok, namun juga sebagai wujud hadirnya negara yang menjamin kebebasan setiap warga negara untuk memeluk agamanya dan menjalankan ibadah sesuai dengan agama. Jadi jangan sampai ada warga negara yang merasa takut melaksanakan ibadah agamanya dengan adanya ancaman-ancaman dari pihak yang tidak bertanggung jawab utama para pelaku teror," ungkap Kabid Humas Polda Kalsel.

Polda Kalsel mengajak seluruh elemen masyarakat agar turut membantu menjaga keamanan. Termasuk, mengimbau kepada tempat ibadah agar lebih banyak menggelar ibadah secara virtual.

"Tentunya ada operasi rutin yang ditingkatkan sesuai petunjuk dari Kapolri jelang peringatan wafatnya Isa Almasih dan Paskah. Terutama yang berkaitan dengan ibadah Paskah, kami ada pengamanan serentak secara bersama-sama. Kami pun mengajak masyarakat untuk menjaga Kamtibmas," tandasnya.

(fa/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment