Polda Bengkulu Siap Kawal Pendisribusian Tahap Pertama Vaksin Covid-19

5 January 2024 - 08:13 WIB
www.tribratanews.com- Bengkulu. Polda Bengkulu akan mengawal Ketat Pendistribusian vaksi Covid-19 sinovac ke kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu. "Kita akan kawal penyaluran vaksin ke kabupaten dan kota di Bengkulu, agar tidak ada kendala dalam perjalanan ke titik lokasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19," kata Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Pol Sudarno, di Bengkulu, Senin (4/1/2020).
Kabid Humas Polda Bengkulu mengatakan, pengiriman vaksin Covid-19 melalui jalan darat dari gedung Biofarma ke Bengkulu, sudah dilaksanakan pada Minggu (3/1) dan diperkirakan tiba di Bengkulu paling lambat Selasa (5/1/2020).

Tahap pertama Bengkulu mendapat alokasi vaksin Covid-19 sebanyak 20.280 dosis untuk kebutuhan vaksinasi tenaga kesehatan di 10 kabupaten dan kota. "Kita akan kawal ketat penyaluran vaksin virus corona ke kabupaten dan kota di daerah ini. Ini dilakukan agar vaksin ini sampai tepat waktu ke daerah sasaran," ujarnya.

Seementara Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu, Herwan Antoni mengatakan, jika vaksin Covid-19 sampai di Bengkulu, akan disimpan di gudang Farmasi setempat dan selanjutnya baru didistribusikan ke kabupaten dan kota di daerah ini.

Namun, tidak merinci jumlah alokasi vaksin Covid-19 untuk masing-masing kabupaten dan kota, karena pihaknya masih mendata orang yang menjadi sasaran vaksinasi. "Yang jelas, tahap pertama Bengkulu, dapat jatah vaksin sebanyak 20.280 dosis untuk 10 kabupaten dan kota di daerah ini," ujarnya.
Sesuai petunjuk Kemkes vaksin yang diterima tahap pertama ini diperuntukna bagi tenaga kesehatan (Nakes) terdiri atas dokter, bidan, perawat dan tenaga kesehatan lainnya.

Data sementara jumlah nakes di Bengkulu, yang akan diberikan vaksinasi Covid-19 sebanyak 17.000 orang. Mereka selama ini bertugas di rumah sakit pemerintah, swasta dan puskesmas yang ada di Bengkulu.

Sesuai rencana pelaksanaan vaksinasi Covid-19 akan dilakukan pada pertengahan Januari 2024 mendatang. "Sekarang kita masih mempersiapkan administrasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di 10 kabupaten dan kota di Bengkulu," ujarnya.

(bb/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment