Polda Banten Teken MoU Diseminasi Informasi dengan BBMKG Wilayah II

29 April 2024 - 11:12 WIB
www.tribratanews.com - Serang. Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika  (BBMKG) wilayah II bekerjasama dengan Polda Banten menyampaikan informasi peringatan dini bencana ke masyarakat. Perjanjian kerjasama tersebut memiliki makna sangat strategis dalam memperkuat jalinan kemitraan.


"Perjanjian yang kita lakukan terkait diseminasi informasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Alhamdulillah pada pagi hari ini kita bisa melaksanakan perjanjian kerjasama antara Polda Banten dengan BBMKG wilayah II," jelas Kapolda Banten, Irjen Pol. Rudy Heriyanto Adi.

Kapolda Banten berharap penandatanganan ini bukan hanya bersifat formalitas dan lembaran dokumen semata, tetapi dapat menjadi pedoman bersama memperkuat sinergitas dan memantapkan rencana aksi yang selanjutnya diaplikasikan secara terpadu oleh semua pihak.

Sementara itu, Kepala Balai besar meteorologi, klimatologi dan geofisika wilayah II Hendro Nugroho menjelaskan maksud dari MoU tersebut. Ia kembali menjelaskan jika Kepolisian itu mempunyai jaringan hingga ke Kelurahan yaitu Bhabinkamtibmas. Itu yang dimanfaatkan untuk menyebarluaskan penyebaran informasi. Sehingga penyebaran informasi perubahan cuaca peringatan dini ini akan semakin masif. Masyarakat akan semakin tahu bahwa hari ini ada info gempa bumi atau info peringatan dini apapun yang berkaitan dengan bencana alam.


"Maksud dari MoU ini adalah kerjasama yang menguntungkan. BMKG selama ini sudah melakukan peringatan dini, tapi respon dari masyarakat kurang. Untuk itu, kami melakukan MoU dengan Polda Banten untuk membantu memberikan informasi peringatan dini kepada masyarakat. Dengan kolaborasi informasi ini, akan kita siapkan info-info peringatan dini itu, info-info BMKG akan kita share di Polda. Jadi, Polda akan lebih mudah untuk melihat peringatan dini tersebut. BMKG tidak bisa berdiri sendiri, kita berkolaborasi dengan seluruh stakeholder yang berhubungan," pugkas Kepala Balai besar meteorologi, klimatologi dan geofisika wilayah II.




Share this post

Sign in to leave a comment