Polda Bali Mendaur Ulang Sampah Plastik Bernilai Ekonomis

15 February 2022 - 10:49 WIB
www.tribratanews.com - Denpasar. Kepolisian Resort Badung, Bali menggelar program Polisi Bersemi (berkebun di masa pandemi). Meski di tengah merebaknya Covid-19, anggota polisi diwajibkan tetap produktif, khususnya di bidang pertanian.


Program itu, digelar di Subak Tungkub, Pengiasan, Mengwi, Badung, dengan sekaligus peluncuran Warung Men Sampik (warga beruntung menabung sampah plastik).


Kapolda Bali, Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., yang hadir saat peluncuran Warung Men Sampik itu mengatakan kegiatan yang digagas Kapolres Badung, AKBP Dedy Defretes terkait polisi berkebun itu merupakan terobosan kreatif yang bisa jadi embrio yang patut dikembangkan di tempat lain.


Menurutnya, program Warung Men Sampik itu wajib menjadi percontohan untuk anggota lainnya, sekaligus memberikan apresiasi kepada Polres Badung dan juga kepada Putu Ivan Yunatana selaku founder PT. Bali Waste Cycle (BWC).


"Warung Men Sampik adalah program yang berkaitan dengan lingkungan. Kita mengetahui Provinsi Bali membatasi penggunaan produk plastik. Di sini kita ada program ini dan dikelola oleh Pak Ivan yang tau pemanfaatannya," jelas Kapolda Bali, Senin (14/2/22).


Ia menyebut pemanfaatan produk plastik ditampung lalu diolah untuk membuat produk lain.


"Program ini mendukung pemerintah terkait pelestarian lingkungan. Seperti yang akan di gelar KTT G20, salah satu isu yang diangkat adalah pelestarian alam juga," ujar Jenderal Bintang Dua tersebut.

Share this post

Sign in to leave a comment