Pemerintah Pastikan Vaksin Cacar Monyet Aman

23 October 2023 - 16:22 WIB
Foto: Dok. Kemenkes

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan bahwa stok vaksin cacar monyet (Monkeypox) yang dimiliki dalam kapasitas aman. Vaksinasi Monkeypox rencananya akan dilaksanakan mulai 24 Oktober 2023 dengan jumlah sasaran sekitar 447 orang.

“Stok vaksin Monkeypox kita aman,” ungkap Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu, Senin (23/10/23).

Baca Juga:  Polri Masih Tindak Para Pelaku TPPO, 1.049 Tersangka Dibekuk

Menurutnya, vaksinasi akan diselenggarakan di Fasilitas pelayanan kesehatan yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta yakni klinik Carlo serta Puskesmas yang berada di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Vaksin ini diberikan dalam 2 dosis dengan interval 4 minggu.

Adapun jenis vaksin Monkeypox yang akan digunakan adalah vaksin impor yang diproduksi oleh Bavarian Nordic, Denmark dengan merek dagang JYNNEOS®️ kemasan single-dose. Vaksin tersebut telah memiliki Sertifikat Pelulusan Vaksin (Certificate of Release) dari Badan POM terbit 17 Maret 2023.

“Saat ini, sebanyak 991 vial vaksin Monkeypox sudah didistribusikan ke Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta untuk memenuhi kebutuhan program vaksinasi Monkeypox yang akan mulai diberikan Oktober ini,” jelas Dirjen.

(ay/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment