Pemerintah Akan Bentuk Badan Organisasi Integrasi Transportasi di Jabodebek

27 September 2023 - 18:30 WIB
Foto: RRI

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan membentuk badan organisasi integrasi transportasi. Badan tersebut akan mengatur integrasi moda transportasi di Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek).

"Tadi Presiden meminta kami untuk mengintegrasikan sistem moda di Jakarta, Jabodebek. Jangan pecah-pecah ada BUMN, ada Pemda, ada pusat, jadi bagaimana sistem angkutan terintegrasi ini dibuat dalam satu organisasi," ujar Menteri Luhut, Rabu (27/9/23).

Presiden, ungkap Menteri Luhut, memintanya untuk membentuk organisasi tersebut dalam waktu dekat ini. "Jadi sekarang Presiden memerintahkan selama satu bulan untuk menyusun struktur organisasinya," lanjut Menteri Luhut.

Baca Juga:  Ketua PD Bhayangkari Sulbar Hadiri Rapat Bersama Bahas Penanganan Stunting

Menteri Luhut menekankan tentang pentingnya integrasi moda transportasi, agar mengurangi jumlah masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi. Nantinya, juga akan dibahas terkait pembayaran transportasi  yang terintegrasi dengan pembelian bulanan (karcis bulanan untuk semua moda transportasi).

"Nanti bagaimana orang bisa beli karcis gratis, karcis terusan, terusan, nanti karcis bulanan untuk satu angkutan. Misalnya dari Bogor, kemudian naik LRT terus nanti mungkin campur dengan bus Transjakarta dan seterusnya," tutur Menteri Luhut.

"Atau dari Bandung naik, apa namanya itu, speed train ke Jakarta langsung LRT, langsung nanti bus. Jadi intinya kita akan mengurangi penggunaan kendaraan, kendaraan pribadi dengan mendorong perbaikan kendaraan-kendaraan publik yang dibuat nyaman," ucap Menteri Luhut.

Terkait karcis bulanan tersebut, nantinya akan dilakukan pendalaman terkait semua permasalahan yang ada di dalamnya. Ia memastikan, kebijakan tersebut nantinya juga akan meminta pendapat publik dan semua pihak terkait.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment